Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kompres Foto RAW, JPG, PNG Dengan Android




Cara Kompres Foto RAW, JPG, PNG Dengan Android – Dihari minggu yang cerah untuk jiwa yang sepi ini, saya akan membagikan tutorial bagaimana cara mengkompres gambar atau foto yang mempunyai ukuran besar seperti gajah di kebun binatang melalui android dengan aplikasi JPEG Optimizer PRO.

JPEG Optimizer PRO - Aplikasi yang dikembangkan oleh Stoik Software yang udah pro banget dibidang Image and Video Processing ini menurut saya keren, terutama kemampuannya untuk compress atau convert file/foto RAW hasil camera DSLR yang segede kudanil hamil.

Langsung aja ke tahap step-by-step nya dibawah untuk tutorial optimisasi foto atau gambar biar ukurannya nggak bengkak dan bikin memori lebih lega.

1. Download Bahan

Pertama kalian unduh dulu aplikasi JPEG Optimizer PRO disini untuk Android. Bagi kalian yang bingung cara downloadnya bisa cek: Cara Melewati SafelinkU

2. Install dan Buka




Setelah bahan sudah diunduh, kalian buka aplikasi tadi yang sudah diinstall/pasang.

3. Pengaturan Kualitas




Setelah aplikasi dibuka kalian bisa atur dulu kualitasnya agar nanti jadi imut.

4. Sesuaikan Kualitas




Tampilan pengaturannya akan seperti gambar diatas. Kalian atur aja sesuai hati nurani kalian dibagian ‘Slider: Quality Factor’ lalu pencet ‘OK’.
Saran saya atur antara 50-100%, disini saya pake 50% biar nanti selisih ukuran foto atau perbedaan dari foto asli lebih jelas. 

5. Pilih Foto




Tahap kelima kalian klik saja ikon galeri, bisa lihat gambar diatas.

6. Pemilihan Foto




Dilangkah ini kalian bisa pilih foto mana yang akan dikonvert/kompress. Kalian bisa pilih satu atau beberapa foto.
Kalau fotonya banyak lebih baik dijamak atau multi-select aja dengan cara menekan dan tahan beberapa detik untuk memilih banyak foto. Biar nggak pegel konvert satu-satu.

7. Review Hasil




Sampai disini kalian bisa lihat perbedaan ukurannya. Jika dirasa ukuran fotonya kurang kecil atau kurang besar kalian ulangi saja dari Langkah 3 dan atur Quality Factor yang sesuai.

8. Save Gambar/Foto




Last but not least, simpan foto kalian dengan klik ‘Three Dots’ pojok kanan atas lalu klik ‘Save JPEGs’ seperti gambar diatas.

9. Lokasi Gambar Tersimpan




Gambar yang tersimpan otomatis sudah masuk galeri. Untuk lokasi jelasnya kalian bisa lihat setelah gambar tersimpan, akan muncul ‘Toast Message’ di folder/direktori mana gambar atau foto tadi tersimpan seperti gambar diatas.

Sekian tutorial kali ini, bonus akun instagram modelnya gaes :v








A post shared by A (@ayunmusya) on

Posting Komentar untuk "Cara Kompres Foto RAW, JPG, PNG Dengan Android"