Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Megabyte (MBps) dan Megabit (Mbps)



Pasti pernah dong liat iklan paket data internet atau mungkin baca baca spesifikasi smartphone. Kadang ada perbedaan kecepatan internet di beberapa penyedia dengan harga yang hampir sama.

Biasanya, ada perbedaan dalam penulisan satuan indikator kecepatan internet, MBps dan Mbps. Ya, letak perbedaannya ada di penulisan huruf “B” di dua indikator besar data yang bisa ditransfer internet atau sering dianggap sebagai kecepatan internet tersebut.

Pengertian


Kalian mungkin mikir kalo itu kesalahan typo atau beda gaya penulisan saja. Tapi faktanya, MBps dan Mbps mempunyai definisi yang berbeda. Sebelum baca lebih jauh saya jelaskan sedikit tentang nilai dan satuan dalam pembahasan ini.

Nilai adalah angka yang tertera sebelum satuan dan satuan adalah simbol yang dapat berupa huruf, karakter, dan lain sebagainya. Contoh gini, 8Mbps berarti ‘8’ sebagai nilai dan ‘Mbps’ sebagai satuan.

Akronim


  • MBps: Megabyte per second atau per detik
  • Mbps: Megabit per second.

Huruf b dan B di satuan yang digunakan untuk mengukur kecepatan internet memiliki arti yang berbeda.

b (huruf b kecil) memiliki kepanjangan bit, sedangkan B (huruf b kapital) memiliki kepanjangan Byte atau Bita jika diartikan dalam bahasa Indonesia.

Persamaan (Konversi Nilai)


Gini bro, bit memiliki ukuran yang lebih kecil dari byte. 8 bits sama dengan 1 byte. Yang berarti, Megabyte (MB) memiliki ukuran delapan kali lebih besar dari Megabit (Mb). Jadi, data berukuran 8Mb sama dengan 1MB.

8Mbps = 1MBps
20Mbps = 2,5MBps
100Mbps = 12,5MBps

Kita bahas mengenai kecepatan internet yang kerap dituliskan dengan MBps dan Mbps. Misalnya, Provider A menyediakan koneksi internet sebesar 8Mbps, artinya mereka menyediakan kecepatan mencapai 1MBps.

Provider B menyediakan kecepatan 64Mbps yang artinya sama dengan 8MBps. Membandingkan keduanya, maka Provider B menyediakan kecepatan internet jauh lebih kencang.

 Nama Provider  Kecepatan Dalam Bit  Dalam Byte 
 INDOCROT 8Mbps 1MBps
 TELKOMNYET 64Mbps 8MBps
 KEMATPREN 999Mbps 124.8MBps

Uji Koneksi Internet


Biar yakin, kamu bisa menggunakan aplikasi penguji kecepatan dan kualitas koneksi internet di smartphone.

Misalnya, saya menggunakan aplikasi Ookla Speedtest yang juga tersedia dalam format web untuk diakses lewat komputer. Aplikasi ini mendeteksi kecepatan internet dengan satuan Mbps. Sekali lagi, Mbps tidak lebih besar dari MBPS.



Jadi saat kamu terhubung dengan koneksi WiFi atau internet dengan kecepatan belasan hingga puluhan Mbps jangan langsung merasa cepat. Karena koneksi dengan satuan MBps masih jauh lebih kencang.

Satuan Mb/s dan MB/s memiliki ukuran yang berbeda. Kalau angka yang tertera sama, Mbps tentu berukuran lebih kecil dari pada MB/s. Seperti penjelasan pada ulasan sebelumnya, MB/s memiliki ukuran delapan kali lipat dari ukuran Mbps.

Hal yang sama juga terjadi dalam khasanah spesifikasi smartphone, mari kita lihat salah satu spek di situs GSMArena.



Sampai disini udah tau kan bro perbedaan Mbps dan MBps? untuk catatan saja saat ditawarkan layanan berlangganan internet. Penyedia layanan internet emang sering menggunakan perbedaan penulisan Mbps dan MBps sebagai trik untuk memikat calon pelanggannya.

Semoga kalian lebih teliti dalam menentukan paket internet, dan tidak mengeluhkan kondisi apabila koneksi internet kamu tidak wus wus seperti yang dijanjikan meskipun angka kecepatannya terlihat besar.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Megabyte (MBps) dan Megabit (Mbps)"