Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Sekolah Tidak Berguna? | Edisi Opini


Fenomena sekolah tidak penting bergumam dimana-mana, entah kapan mulainya, entah dari mana mulainya, tidak ada tau, tiba-tiba menyatu dan membuat semua orang yang mau berpihak pada stigma ini.

Salah satu yang saya tahu adalah dari Deddy Corbuzier, mulai mengeluarkan pendapat sekolah tidak penting atau untuk apa sekolah. Semua orang boleh berpendapat, tapi secara tidak langsung pendapat ini merusak pikiran anak-anak yang sekolah.

Opini

Tapi my opinion, pandangan ini tergantung cara kita menanggapinya bisa saja untuk membuat orang yang tidak bersekolah bersemangat dan selanjutnya pandangan ini juga dapat membuat opini public buruk misalnya menjadi tameng dan perlindungan serta alasan untuk malas dan tidak mau bersekolah.


Stigma

Maksud saya, bayangkan stigma ini akan terus berkembang apakah akan mempengaruhi anak agar mau bersekolah? Maksudnya jika stigma ini masuk ke pikiran orang yang salah sehingga menjadi alasannya langsung menolak agar tidak sekolah, jelas bermasalah.

Teman saya misalnya, pendapat untuk apa sekolah menjadi alasannya langsung agar tidak usah mengikuti pelajaran di sekolah alasannya hanya “ngapain serius kali belajar, padahal pelajaran di sekolah gak penting dan juga banyak orang sukses gak sekolah liat tuh buk susi tamat SD jadi menteri”.

Tidak Memahami Opini

Kebanyakan mereka yang menggunakan stigma ini tidak bisa berargumen dan tidak tahu apa sebenarnya maksud dari opini ini. Hanya menggunakannya sebagai alasan agar bisa malas bersekolah. Bayangkan saja, apa yang akan terjadi jika stigma ini semakin berkembang? Semakin banyak siswa yang berpendapat sekolah tidak berguna.

Begini, kenapa tidak ada yang mengeluarkan opini bahwa sekolah sangat penting, membentuk karakter (bagi kamu yang benar-benar ingin yang mengetahui karaktermu), memperbanyak pengetahuan, mempertajam cara berfikir. Dan ini jelas sudah terbukti banyak siswa yang menemukan karakter, bakat pada saat bersekolah.

Tidak Sekolah Bisa Sukses & Sekolah Bisa Sukses

Menurut saya, opini sekolah penting sangatlah berguna selain melawan opini sekolah tidak penting juga dapat meningkatkan semangat siswa dalam bersekolah. Opini sekolah tidak penting membawakan orang-orang yang tidak bersekolah juga bisa sukses, Bill Gates, Mark, Susi menteri kelautan.

Nah maksudnya, opini sekolah penting juga memiliki tolak ukur, banyak bro yang sekolah sukses jika Bill Gates sebagai orang terkaya kedua didunia maka bagaimana dengan Jeff Bezos pendiri Amazon sebagai orang terkaya nomor 1 dunia yang sukses dengan bersekolah.

Jeff Bezos

Jauh keluar negeri, di Indonesia sendiri banyak ada Presiden Jokowi, Belva Ruang Guru dan masih banyak lagi.

Mereka semua bersekolah dan sukses. Saya mengerti maksud dari sekolah tidak berguna adalah untuk membuktikan bahwa orang yang tidak bersekolah juga bisa sukses, tapi secara gak langsung ini mempengaruhi opini publik. Sadar gak sadar memperburuk karakter menjadi perlindungan jika malas sekolah atau tidak ingin bersekolah.

Opini sekolah sangat penting sangat berpengaruh, dapat memperbaiki opini public sehingga tidak ada orang yang menyalahkan opini tersebut.
Jadi menurutmu, sekolah berguna atau nggak?

Referensi :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Jeff_Bezos
  • Deddy Corbuzier [YouTube]

Posting Komentar untuk "Benarkah Sekolah Tidak Berguna? | Edisi Opini"