Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Papua Nugini


Destinasi alam yang menawan

Banyak destinasi-destinasi menawan bagi pecinta alam, seperti pantai, gunung, pulau, air terjun dll. Selain itu banyak hewan-hewan untik seperti Katak pohon Nugini Utara, Kangguru, Kelelawar berhidung tabung, kupu-kupu kasiar biru dll.

Negara dengan bahasa terbanyak di dunia

Papua Nugini memiliki bahasa resmi antara lain: Inggris, Tok Pisin, Hiri Motu, dan Bahasa Isyarat PNG. Namun keseluruhan ada sekitar 850 bahasa di Papua Nugini, hal ini membuat Papua Nugini ditetapkan sebagai negara dengan bahasa terbanyak di dunia.

Mayoritas penduduk tinggal di pedalaman

80% penduduk Papua Nugini tinggal di pedalaman dengan sedikit atau bahkan tidak mendapat fasilitas modern. Selain itu banyak suku pedalaman yang sama sekali tidak memiliki kontak dengan orang luar.

Kesehatan yang memprihatinkan

Banyak warga Papua Nugini yang terkena penyakit seperti Malaria, HIV, TBC, dll. Ketersediaan obat-obatan masih minim, karena sulit bagi pemerintah untuk mengirim obat-obatan karena minimnya jalan raya serta sulitnya menjangkau 80% warga yang masih tinggal di pedalaman, hal ini membuat tingkat vaksinasi di Papua Nugini masih rendah.

Salah satu negara dengan tingkat kriminal tertinggi di dunia

Papua Nugini cukup berbahaya untuk dikunjungi karena tingkat kriminal yang sangat tinggi. Berjalan sendiri di Papua Nugini sangat berbahaya, Penjambretan, penodongan dengan parang, pencopetan bahkan begal adalah hal biasa disana. Selain itu para pengendara mobil jg sering ditodong senjata api, terutama di sekitar bandara. Perang suku juga sangat umum terjadi di padalaman, hal ini sangat berbahaya wisatawan

Perdagangan manusia 

Perdagangan manusia masih menjadi masalah yang terjadi di Papua Nugini. Perempuan dan anak-anak sering kali menjadi sasaran eksploitasi seksual komersial dan perbudakan domestik. Anak-anak terutama perempuan paling rentan mengalami eksploitasi seksual komersial atau kerja paksa, biasanya mereka didorong anggota keluarga atau suku terdekat. Selain penduduk lokal orang asing juga sering menjadi korban perdagangan manusia.

Negara persemakmuran Inggris

Papua Nugini merdeka pada tahun 1975 serta menjadi anggota persemakmuran dengan Ratu Elisabeth II sebagai pemimpin. Papua Nugini tidak diklaim sebagai wilayah Indonesia karena Indonesia hanya mengklaim wilayah bekas jajahan Belanda yaitu Papua barat.

Tingkat melek huruf yang masih rendah

Dibanding negara-negara tetangganya, Papua Nugini memiliki tingkat melek huruf yang rendah yaitu sekitar 61.6% pada tahun 2010. Namun ini merupakan peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: 

  • https://www.macrotrends.net/countries/PNG/papua-new-guinea/literacy-rate
  • https://en.m.wikipedia.org/wiki/Human_trafficking_in_Papua_New_Guinea
  • https://www.gov.uk/foreign-travel-advice/papua-new-guinea/safety-and-security 
  • https://www.nytimes.com/2018/11/13/world/asia/papua-new-guinea-apec-polio-health-crisis.amp.html
  • https://www.thejakartapost.com/amp/life/2018/11/16/lost-in-translation-papua-new-guinea-wins-the-language-olympics.html
  • https://www.macrotrends.net/countries/PNG/papua-new-guinea/literacy-rate
  • Https://www.bbc.com/news/world-asia-pacific-15436981

Posting Komentar untuk "Fakta Papua Nugini"