Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Tentang Perang Sipil Amerika


Perang Sipil Amerika terjadi dari 12 April 1861 hingga 9 Mei 1865 antara Negara-negara Konfederasi (Alabama, Florida, Georgia, Louisiana, Mississippi, Carolina Selatan, Texas, Virginia) dan Union. Sebagian besar percaya itu tentang mengakhiri perbudakan, tapi itu hanya mitos.

Perang Sipil adalah tentang membawa negara-negara bagian yang memberontak kembali ke Union. Perang sipil amerika merupakan sejarah yang panjang dan mungkin fakta-fakta berikut belum kamu ketahui.

a. Proklamasi emansipasi yang ditandatangani oleh Presiden Lincoln pada 1 januari 1863 tidak melarang perbudakan.

Proklamasi dimaksudkan untuk menghukum Negara-negara Konfederasi, bukan menjadikan perbudakan ilegal. Karena Delaware, Kentucky, Maryland, Missouri, dan Tennessee tidak memberontak melawan Union, mereka diizinkan untuk tetap mempraktikan perbudakan.

b. Sebelum Lincoln dibunuh, ia pernah mengalami percobaan pembunuhan.

Percobaan pembunuhan terhadap lincoln terjadi pada bulan agustus 1863, saat jam 11 malam ketika lincoln sedang dalam perjalanan pulang. sniper yang tidak diketahui asalnya mencoba menembak sang presiden, tapi tembakannya meleset, sang sniper hanya berhasil melubangi topi presiden.
Lincoln merahasiakan kejadian itu dari istrinya karna tidak mau mengkhawatirkannya, dan sejak kejadian itu sang presiden selalu dikawal setiap kali bepergian.

c. Tentara kulit hitam di union army, menolak gaji mereka selama 18 bulan.

Tindakan tersebut adalah protes karena mereka dibayar rendah dibandingkan dengan tentara kulit putih, tentara kulit hitam yang mulai bergabung pada tahun 1863 digaji $10/bulan sedangkan tentara kulit putih mendapat $13/bulan.
Tentara kulit hitam juga dikenai biaya seragam $3/bulan sehingga mereka hanya menerima $7. Protes mereka berhasil, dengan dukungan abolisionis kulit putih, mereka menerima upah yang sama pada tahun 1864.

d. Jendral Union, William tecumseh sherman turun pangkat karna “kegilaan-nya”

Sherman adalah pengusaha, guru dan juga penulis, dimasa perang sipil ia dekenal akan kebrutalannya terhadap tentara konfederasi. Ia membawa kemenangan untuk union dibeberapa pertempuran.
Pada oktober 1861, sherman meminta 260.000 tentara dari sekretaris perang AS, simon cameron. Cameron menganggap permintaan itu gila dan memerintahkan sherman dikeluarkan dari komando. Pada bulan februari 1862, sherman ditugaskan kembali dibawah perintah jenderal Ulysses S.Grant di peducah, kentucky.

e. Harriet Tubman memimpin serangan di selatan

Sebelum perang sipil, tubman sudah aktif membantu budak melarikan diri melalui kereta bawah tanah. Ketika perang sipil tepatnya pada 1 juni 1863, ia dan kolonel James Montgomery memasuki sungai combahee di carolina selatan dengan 3 kapal perang bertenaga uap dan 300 tentara kulit hitam. Mereka menyerang perkebunan dan berhasil membebaskan lebih dari 720 budak.

f. Utara (union) memiliki lebih banyak rakyat dibandingkan Selatan(Konfederasi)

Diawal perang, 22 juta orang tinggal di utara dan 9 juta orang di selatan (hampir 4 jutanya adalah budak). Utara juga memiliki banyak uang, pabrik, kuda, jalur kereta dan perkebunan, secara teori utara lebih kuat dan unggul dibandingkan selatan. Bagaimanapun Konfederasi berperang secara defensif di daratan yang mereka kenal dengan baik medannya. Konfederasi juga berhasil menguasai pelabuhan strategis di amerika utara termasuk: new orleans,charleston, norfolk, dan wilmington. Dengan demikian, konfederasi berhasil menetralkan keunggulan.

g. Abraham Lincoln menentang kesetaraan ras

Lincoln pernah membantah bahwa ia abolisionis dan percaya bahwa kulit hitam adalah ras yang rendah. disaat debat besar antara lincoln dan douglas (atau lebih dikenal dengan the great debates of 1858) yang membahas perbudakan. lincoln mengatakan “saya akan mengatakan bahwa saya tidak dan tidak pernah mendukung kesataraan sosial dan politik antara ras kulit hitam dan kulit putih” lalu ia menambahkan “orang kulit putih harus mendapatkan posisi superior”.

h. Hilangnya emas konfederasi menjadi misteri

Perbendaharaan Konfederasi pertama kali disimpan di New Orleans di Louisiana, tetapi ketika pasukan Union mendekati kota pada bulan April 1862, harta konfederasi dipindahkan ke Columbus, Georgia di Iron Bank milik William H. Young. Pada 11 Oktober ditahun yang sama, Konfederasi Jenderal Pierre Gustave Toutant-Beauregard memerintahkannya untuk pindah sekali lagi, tetapi apa yang terjadi setelah itu menjadi misteri.
Ketika perang berakhir, George Trenholm, Bendahara Negara Konfederasi, ditangkap dan dituduh mencuri emas tersebut.

i. Banyak wanita yang ikut bertempur dengan cara menyamar menjadi pria

Mereka menyamar sebagai pria dan bertempur untuk konfederasi atau union. Para wanita ini mendaftar untuk sejumlah alasan, misalnya ingin mencari sang kekasih, mencari pengalaman baru, demi upah yang menjanjikan, atau bahkan untuk alasan patriotik

j. Pertempuran belum berakhir ketika jenderal Robert E. Lee menyerah

Lee menyerah pada union di appomattox courthouse, virginia. Tetapi pertempuran masih berlanjut di georgia, caroliona dan texas.
Sedikit demi sedikit jenderal konfederasi lainnya ikut menyerah kepada union hingga pertempuran terakhir adalah pertempuran palmito ranch di texas pada 12 -13 mei 1865

Sumber :

  • https://www.warhistoryonline.com/american-civil-war/about-the-american-civil-war.html

Posting Komentar untuk "Fakta Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Tentang Perang Sipil Amerika"