Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Holocaust: Tangga Kematian


Di Austria hulu Kamp konsentrasi Mauthausen-Gusen dibangun oleh Nazi. Tempat ini menjadi tempat "pemusnahan" untuk sekitar 130.000 tahanan selama perang dunia II.

Orang-orang Yahudi dan orang buangan lainnya menjadi sasaran segala macam kekejaman: kelaparan, penyiksaan, pemerkosaan, segala jenis persenjataan digunakan untuk mengeksekusi tahanan, kondisi hidup di ana sangat mengerikan.

Kamp ini juga sangat dikenal dengan tangga kematiannya.

Para tahanan yang kurus karena tidak hidup layak dipaksa untuk membawa batu granit seberat 30-50 kg menaiki tangga ini berulang-ulang. Perlu diingat, antara 1940–1942, rata-rata tahanan berbobot 40 kg.

Para tahanan sering kali sangat lemah sehingga tulang-tulang kaki mereka patah saat menaiki tangga untuk mempertahankan hidup mereka, akhirnya mereka runtuh, dan jatuh ke tahanan lain seperti kartu domino, dan dengan konsekuensi yang menghancurkan mengingat semuanya membawa batu-batu berat juga.

Jika kamu jatuh dan terluka parah sehingga tidak dapat melanjutkan pekerjaan ini, maka kamu akan segera di eksekusi mati. Atau kamu dibiarkan membusuk dengan luka-luka yang kamu dapat.

Jika kamu terlalu lemah untuk mengangkat batunya, para penjaga akan memasukkan kamu lagi ke penjara. Tapi belum berhenti disiitu, kamu bisa saja dipaksa lagi untuk menaiki tangga sampai puncaknya dan berbaris dengan para tahanan lainnya.

Kemudian salah satu penjaga akan memberikan kamu sebuah "permainan maut".
"Aku akan memberimu dua pilihan - mendorong orang di sebelahmu dari tebing ini, atau aku akan menembakmu."
Seringkali, tahanan dengan suka rela memilih untuk melompat dari tebing.

Saat perang berakhir, dan kamp-kamp dibebaskan, dan saat para pembebas membersihkan dan memeriksa kamp-kamp tersebut, seorang inspektur berpatroli menyusuri sel-sel  di kamp tersebut.

Di dalam satu sel, dia menemukan tulisan yang digores di dinding.
“If there is a God, he will have to beg for my forgiveness.”

Referensi:

  • https://youtu.be/8r50t7148sA

Posting Komentar untuk "Holocaust: Tangga Kematian"