Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Internal Smartphone Tidak Sesuai Tulisan Dan Sering Penuh



Oke baik, kesempatan kali ini saya akan membahas tentang smartphone kembali. Pertanyaan dan masalah yang sangat umum terjadi pada kalian kaum-kaum hp kentang yaitu Kenapa Internal Smartphone Tidak Sesuai Tulisan Pada Dus Box Dan Sering Penuh.

1. Internal Tidak Sesuai Box HP


Kita bahas dulu pertanyaan kenapa internal tidak sesuai pada kardus box hp. Pasti ada dong yang nanya entah itu teman atau siapapun: “Internalku 16GB, tapi kok di file manager cuma ada 10GB? ini penipuan”. Bukan penipuan gan, tapi emang faktanya gitu hehe simak dibawah.

ROM (Read Only Memory)


Nyenggol dikit ke topik ROM, berbeda dengan RAM yang hanya menyimpan memori dalam jangka waktu pendek. ROM adalah sistem penyimpanan permanen. Ketika sumber daya mati, ROM tidak akan kehilangan data.

Meski berstatus sama sebagai penyimpan data, keduanya punya cara kerja dan fungsi berbeda. ROM punya fungsi utama untuk input dan output data, serta memegang kendali atas program perangkat lunak.

Kembali ke topik, jadi internal yang dimaksut disini adalah total memori ROM pada sebuah ponsel. Kita tidak akan pernah mendapatkan 100% penyimpanan yang tertulis karena kita sudah mendapatkan sistem operasi (OS) dari pabrik (terlepas dari platfrom apapun itu Android, iPhone, Windows dan BlackBerry).



Misalnya, HP memori internal kapasitas 16GB, namun yang tersisa hanya 10GB saja.

Jawabannya: Sisa memori tersebut terpakai oleh sistem (OS). Jadi, yang tertulis itu adalah memori keseluruhan (16GB). Sedangkan sisanya (10GB) adalah memori yang bisa kamu pakai untuk nyimpen musik, video, aplikasi dan lain-lain.

Bahkan fitur seperti gesture control, fingerprint recognition, voice automation, 4k display, proximity sensor, geo-tagging, video processing tidak hanya membutuhkan memori RAM tapi komputasi data juga membutuhkan memori ROM yang berada di sistem.

“dikit banget dong internalnya, klo beli hp yang punya kapasitas cuma 16GB?”

Setuju, bahkan ponsel terbaru saat ini, membutuhkan minimal 6-12GB memori untuk sistem operasi.



Lihat aja gambar diatas, punya saya yang 64GB jadi sekitar 52GB.

2. Penyebab Internal Mudah Penuh


Masuk ke bahasan kedua, yang tidak jauh dari pembahasan sebelumnya. Kaum HP kentang pastinya sering dapet notif internal penuh saat install aplikasi dari Google Play Store.

Nyebelin kan ya, mau pasang aplikasi/game tapi memorinya malah penuh. Terus, apa sebab-nya dan gimana solusinya?

Bloatware & Aplikasi Yang Bertambah Besar


Pre-installed Apps, atau aplikasi bawaan pabrik yang tidak penting akan memakan memori internal kamu. Aplikasi ini tidak bisa dihapus kecuali hp kamu sudah root.

Tetapi, untuk beberapa merek tertentu bisa diatasi dengan menon-aktifkan (disable) aplikasi tersebut agar tidak ter-update secara otomatis melalui wi-fi. Setidaknya, mencegah bertambahnya ukuran aplikasi yang ‘tidak penting’ dari pembaruan.



Aplikasi Facebook dan Chrome saja memakan memori hingga 300-1GB pada pemakaian satu bulan lebih, dan akan terus meningkat pada bulan bulan setelahnya.



Semakin lama penggunaan aplikasi, semakin banyak data dan cache yang mengendap. Kamu bisa membersihkan cache atau ‘sampah’ melalui pengaturan/setelan pada hp kamu.



Cache adalah penyimpanan data sementara yang kalau di- sederhanakan berfungsi untuk mempercepat kinerja sistem Android.

File cache ini berasal dari penggunaan aplikasi. Jadi, ketika suatu aplikasi dibuka, nanti aplikasi tersebut akan menyimpan data-data tertentu. Inilah yang disebut dengan cache.

Record Video 4K


Pesatnya pertumbuhan teknologi masa kini hingga melahirkan sebuah fitur perekam video dengan resolusi 4K. Mayoritas smartphone saat ini sudah di implementasi fitur tersebut. Besarnya resolusi sebuah perekam video akan besar juga ukuran yang dihasilkan.

Hanya beberapa menit saja merekam dengan kualitas 4K, akan menguras 300-1GB memori meskipun dengan 30FPS. Untuk menghemat memori kamu bisa matikan fitur 4K atau atur ke resolusi yang lebih kecil.



Kamu juga bisa hapus video yang sekiranya tidak penting lagi, misalnya video kenangan tentang dia yang sudah tidak mencintaimu lagi.

Akhir Kata


Demikian pembahasan kali ini, nggak sulit kok untuk mengatasi masalah seperti diatas. Beberapa merek seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Sony dan lain-lain mungkin memiliki perbedaan kapasitas memori kosong dan jumlah file yang berbeda.

Namun, solusinya kurang lebih sama seperti bahasan diatas. Jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar dibawah yaa.

Semoga Bermanpaat!

Posting Komentar untuk "Kenapa Internal Smartphone Tidak Sesuai Tulisan Dan Sering Penuh"