Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Pizza Bulat, Kotak Persegi Dan Dipotong Segitiga?

Kenapa Pizza Bulat, Kotak Persegi Dan Dipotong Segitiga?

Pizza kok bentuknya bulat? Terus Kalo Pizza Bulat Kenapa Kotaknya Persegi? Udah Gitu Kenapa Dipotong Jadi Segitiga Pula?

Sebelum anda lanjut membaca. Pertanyaan ini kita ambil contoh Pizza yang dijual pada umumnya saja. Yang dijual dalam bentuk bulat, kotaknya persegi (ya aku juga tau ada beberapa pizza yang kotaknya hexagonal, tapi bisa dikatakan itu masih kedalam keluarga persegi).

Dan terakhir, Pizza yang umum dipotong segitiga.

Aku tahu kok ada pizza bentuknya persegi, iluminati sampai bentuk *ehem. Selamat membaca! ^_^

Kenapa Pizza Bentuknya Bulat?

Adonan pizza dibentuk dan diolah menjadi satu adonan besar  secara keseluruhan kemudian dibagi menjadi beberapa bagian untuk pizza. Bola adonan ini kemudian dibiarkan mengembang sebelum diregangkan (dilebarkan) dan dipanggang. Tentu semua koki ingin bola adonan menjadi bagus dan rapi sehingga ketika bola adonan ini direntangkan, adonan tidak memiliki bagian yang lebih tebal (lebih gedean di sisi lain).

Bola adonan ini kemudian dilebarkan. Kita bisa melebarkan bentuk adonan menjadi persegi panjang tetapi cara yang lebih mudah adalah hanya melebarkannya ke luar di bagian sudut (kek buat martabak telor). Tetapi, ketika kita melebarkan bola adonan, dan otomatis supaya bentuknya bagus, kita tentu melebarkannya dari tengah (supaya dapat bentuk crust nya juga), sehingga secara alami ketika ditekan akan menciptakan bentuk bulat.

Beberapa orang melebarkan adonan lebih lebar lagi dengan cara melemparkan adonan pizza (bukan ngelempar kek tawuran). Ketika adonan pizza dilemparkan dan diputar di udara, adonan “menerima gaya sentrifugal” yang seolah menarik adonan ke luar. Itulah sebabnya pizza menjadi lebih besar, lebih tipis, dan lebih bulat saat adonan terputar diudara.

Makanan berbentuk bulat sebenarnya sudah suatu hal yang ngapain dikagetkan, pikirkan kue, pie, dan kue tar. Jika kita membuat sesuatu menjadi bulat, maka mudah untuk dipotong menjadi beberapa bagian, dan membaginya secara proporsional (asal motongnya rapi dan benar dari tengah)

Hal yang menyebabkan pizza menjadi bulat juga karena memang sudah tradisi, dan tradisi sulit untuk dihancurkan. Pizza dibuat di Napoli di Italia, dan pizza Neapolitan di sana sekarang memiliki aturan tertentu yang harus dipatuhi jika ingin disebut pizza Neapolitan sejati. Salah satu dari peraturan ini adalah harus bulat. Sehingga bentuknya pun telah ditegakkan adalah hal yang penting. Aturan lain termasuk hanya menggunakan produk dari wilayah Campania Italia, seperti tomat San Marzano dan keju susu kerbau mozzarella.

Terus Kenapa Kok Kotaknya Pizza Persegi Sih?

Kotak bentuk persegi lebih mudah dibuat dan lebih murah untuk dibuat dan secara logistik lebih baik daripada kotak bulat.

Sebuah kotak bulat tidak dapat dengan mudah dibuat dari satu lembar kardus karena ujung-ujungnya yang bundar menyebabkan masalah, dan sayang kalau sisa kardus yang terpotong-nya dibuang. Jadi ini berarti perlu lebih banyak lembar kardus, kertas penggabung, dan sampah. Maka, itu berarti lebih banyak biaya produksi, dan repot pula ngurus sampah kardusnya.

Di toko pizza (apalagi sekarang promo PHD 15ribu dapat ukuran personal), pizza ditumpuk di rak-rak ataupun di atas meja. Bentuk persegi membantu supaya bisa masuk ke dalam rak lebih efisien, dan rapi. Dan kalau ditumpuk di atas meja juga, bisa berdiri tanpa terjatuh.

Kotak berbentuk persegi  maupun persegi panjang juga sebenarnya sudah umum untuk bermacam hal jika dipikir-pikir, dan juga pasti jarang ada sebuah barang yang bentuknya sangat pas / perfectly fit dengan bentuk kotaknya. Hal yang pasti sangat umum, kita  menaruh sepatu di dalam kotak, dan sereal di dalam sebuah kotak, jam tangan dalam kotak, bahkan kosmetik pun “pembungkusnya” berbentuk persegi / persegi panjang. Karena bentuknya persegi yang bersudut dan bisa ditaruh berdempetan secara sempurna, ketika kita ingin mengirimkan barang, penataan barang dalam bagasi transportasi jadi lebih mudah.  Sehingga bisa dibilang kotak berbentuk persegi adalah sebagai tempat penyimpanan, pembungkus yang 'satu ukuran cocok untuk semua'. Jika kamu ingin sesuatu yang bentuknya bervariasi, pasti harga kotaknya akan jadi lebih mahal.

Lalu, Kenapa Potongannya Harus Segitiga?

Sebenarnya tidak sulit menjawab yang satu ini.

Pizza dipotong menjadi irisan segitiga karena itu adalah cara paling umum untuk membagi sebuah bentuk lingkaran secara merata. Dengan mengirisnya dari pinggir ke tengah untuk membuat segitiga, setiap irisan mendapatkan porsi topping dan pinggiran yang sama.

Ya kali motongnya pakai pemotong adonan bentuk bintang, lingkaran, dll. Jadinya sayang kalau beberapa bagian pizzanya gak dimakan. MUBAZIR.

Kutipan Jawaban Diperoleh, Disunting dan Diterjemahkan Dari :
  • Crustkingdom.com
Laman :
  • https://www.crustkingdom.com/why-is-pizza-round-the-box-is-square-and-its-cut-into-triangles/

Posting Komentar untuk "Kenapa Pizza Bulat, Kotak Persegi Dan Dipotong Segitiga?"