Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Music Review: My Chemical Romance - Helena


Lagu Helena dari band Emo/Alternatif Rock, My Chemical Romance ini merupakan salah satu lagu dari album "Three Cheers for Sweet Revenge" yang dirilis tahun 2004.

Berikut poin-poin hasil pengamatan penulis mengenai lagu ini :

1. Beat Cepat Tapi Bermakna

Beat pada lagu ini cukup cepat. Tapi uniknya, penggunaan chord pada lagu ini sangat enak untuk didengar. Dibuktikan dengan ketukan drum yang agak ada punk-nya (#cmiiw) namun rythm-nya sangat enak.

1. Unsur Emo yang Sangat Kerasa

Menurut Wikipedia, Emo merupakan salah satu genre dengan mengedepankan unsur melodik serta lirik/makna yang kuat.

Penulis bisa merasakan itu dalam lagu ini, terutama pada bagian chorus dan pada bagian si Helena melakukan balet (bagi yang tau nama part ini, komen di bawah). Jadi lagu ini sangat memenuhi syarat untuk menjadi lagu emo.

3. Lirik Mendalam

What's the worst that I can say?
Things are better if I stay
So long and goodnight
So long and goodnight
Ini adalah penggalan lirik dari lagu tersebut. Dikutip dari songfacts.com bahwasannya Gerard Way terinspirasi dari karya Shakespeare berjudul "A Midsummer Night's Dream" yaitu mengisahkan seorang wanita bernama Helena yang di akhir kisahnya terlelap tidur. Nah pas sekali dengan penggalan lirik "So long and goodnight".

Selain itu, dijelaskan bahwa lagu ini didedikasikan kepada mendiang neneknya, R.I.P Elena yang selalu memberikan saran kepada Gerard dalam membentuk grup band yang epic.

Jadi bisa disimpulkan bahwa lagu ini mengisahkan seseorang yang pergi meninggalkan seseorang untuk selamanya. Dan yang ditinggalkan pun hanya dapat berkata "so long and goodbye".

4. Videoklip Ciamik, Cuma...

Yups, menurut penulis sendiri konsep videoklipnya sangat unik dan juga sangat sesuai dengan lirik yang disampaikan. Di sini diperlihatkan prosesi sebelum Helena dimakamkan, yaitu didoakan di sebuah gereja bernuansa gothic dengan Gerard Way sebagai pendeta (#cmiiw) dan juga yang paling merasa kehilangan.

Nah ada part yang penulis suka, yaitu pada saat si Helena terbangun lalu melakukan balet dengan indah. Selain itu riasan make up khas mayat sangat menambah unsur kecantikan si Helena ini (oopss).

Tapi, ada hal yang penulis sayangkan. Yaitu pada part menuju refrain dimana si Helena langsung tertidur setelah berdansa balet di jalan menuju gerbang (kalau gak salah altar, sekali lagi #cmiiw). Si Helena langsung tertidur di peti matinya. Ini mengurangi unsur keindahan pada VC ini yaitu unsur logis-nya (ini opini penulis). Tapi overall, VC nya keren. Bahkan Gerard sendiri menyukainya.

5. Kesimpulan

Lagu ini keren sekali penulis akui. Unsur Emo nya kental, full daging. Cuma mungkin ada sedikit kekurangan ya itu tadi yang dibahas di point nomor 4. Lagu ini cocok buat rekan-rekan yang ditinggal oleh orang tersayang, namun dengan lagu yang berbeda. Penulis kasih nilai 9.8/10.

Itulah review tentang lagu Helena milik My Chemical Romance. Punya opini lain? Komen di bawah.

Referensi :

  • Wikipedia - Helena of My Chemical Romance
  • Songfacts - Facts about Helena's My Chemical Romance

Posting Komentar untuk "Music Review: My Chemical Romance - Helena"