Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Otak Bisa Berubah?



Sejak manusia mulai mempelajari otak kita sendiri, kita telah mencoba untuk mengukur kapasitas otak dan seberapa cerdas atau pintar seseorang. Namun, pertanyaan sebenarnya adalah bukan apakah kamu lebih pintar dari orang lain, tetapi apakah kamu bisa lebih pintar dari kamu hari ini.

Ya, tidak peduli seberapa pintar kamu sekarang, kamu selalu dapat membuat diri kamu lebih pintar. Tidak ada batasan seberapa pintar atau kecerdasan seseorang, itu semua adalah suatu proses.

Bagaimana kita tahu bahwa kecerdasan kita dapat meningkat dan otak kita bisa menjadi lebih kuat?

Ada konsep yang disebut neuroplastisitas yang diteliti salah satunya oleh Dr. Michael Merzenich, seorang profesor di University of California, San Francisco.

Merzenich telah melakukan pemetaan studi ekstensif dan melakukan CT scan pada otak manusia, monyet, dan tikus saat mereka mempelajari keterampilan. Dia memperhatikan bahwa terlepas dari usia atau spesies otak memiliki kemampuan untuk mengubah diri agar sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Otak dapat berubah sebagai respons terhadap pikiran dan perilaku dan seringkali dipengaruhi oleh lingkungan.

Kita dapat mengubah otak kita. Contohnya bahwa berlatih soal matematika dapat membantu akurasi dan pengambilan keputusan atlet di lapangan.

Ada banyak contoh bagaimana otak kamu berubah, terkadang dengan cara yang tidak kamu harapkan, ketika kamu mempelajari hal-hal baru.

Kamu bisa belajar apa saja!

Belajar dan berlatih membantu memperkuat dan mengubah otak kita. Saat kita melakukan kesalahan, mengatasi masalah yang sulit bagi kita, dan bertahan, kita membangun jalur saraf baru di otak.

Semua pembelajaran dapat membangun jalur saraf baru, tetapi mempelajari hal-hal yang menantang dapat meningkatkan pertumbuhan otak.

Jawab pertanyaan-pertanyaan ini untuk merenungkan Kebenaran Tentang Otak.

  1. Sebutkan keterampilan yang kamu tahu sekarang dan bisa lakukan dengan lancar.
  2. Apa hal yang ingin  kamu pelajari?
  3. Bagaimana bisa mempelajari keterampilan baru akan meningkatkan hidup kamu?

Source:

  • https://www.ted.com/talks/michael_merzenich_on_the_elastic_brain
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Neuroplastisitas

Posting Komentar untuk "Apakah Otak Bisa Berubah?"