Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyumbang Gross Domestic Product Korea Selatan


Korea Selatan dikenal dengan sebutan macan Asia karena pertumbuhan ekonominya yang sangat pesat dan cepat,tapi tahukah kamu?

Pada tahun1950-1960an, Setelah perang Korea. Korea Selatan memiliki ekonomi agraris yang terbelakang yang sangat bergantung pada bantuan asing dan merupakan negara termiskin lebih dari 1 dekade.

Pada tahun tersebut GDP Korea Selatan pernah jatuh pada titik terendah yaitu $79 lebih rendah dari negara sub-sahara.

Kepemimpinan militer yang muncul pada awal 1960-an dan memimpin negara itu selama seperempat abad mungkin bersifat otokratis dan kadang-kadang represif. Kemudian para warga dan pemerintah Korea Selatan pun melakukan reformasi dalam bidang investasi, manufaktur, kesehatan, pendidikan secara cepat dan komitmen pragmatis serta fleksibelnya terhadap pembangunan ekonomi yang menghasilkan sebagai keajaiban di Sungai Han.

Sebagai hasilnya selama tiga dekade berikutnya, ekonomi Korea Selatan tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata hampir 8-9 persen. Pendapatan per kapita meningkat lebih dari seratus kali lipat hingga Korea selatan menjadi negara maju dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat.

Nah, dari hal tersebut ada banyak juga entitas entitas penyumbang terbesar bagi GDP di Korea selatan.

Jadi apa saja entitas yang menjadi penyumbang GDP Korea selatan?

Penyumbang Gross Domestic Product Korea Selatan
Chart

1. SAMSUNG

Samsung (μ‚Όμ„±) atau dalam bahasa Indonesia adalah Tiga Bintang merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja (mungkin sekarang lebih).

Samsung adalah salah satu sultan-nya Korea Selatan terbesar yang berawal dari perusahaan ekspor pada 1938 dan berkembang ke bidang lainnya.

Pengaruh yang besar terhadap perkembangan ekonomi, politik, media dan budaya telah dilakoni Samsung. Korea Selatan telah menjadi kekuatan pendorong utama di balik fenomena "Keajaiban di Sungai Han".

Pendapatan Samsung sama dengan 13-17% dari GDP Korea Selatan, yakni: $212 miliar.

2. HYUNDAI

Hyundai atau ν˜„λŒ€ merupakan divisi dari Hyundai Kia Automotive Group dan merupakan produsen mobil terbesar di Korea Selatan. Perusahaan ini eksis pada tahun 1967 dan bermarkas di Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul.

Perusahaan otomotif ini berkembang di Korea Selatan dan sanggup menembus pasar internasional yang sebelumnya dikuasai oleh pabrikan otomotif Jepang.

Tahun 2010, Hyundai berhasil menjual 3,6 juta unit kendaraan di seluruh dunia.

Pendapatan Hyundai sama dengan 5,3% atau setara  $85 miliar.

3. LG

Gabungan dari 2 perusahaan  Besar Korea yaitu Lucky dan Goldstar melahirkan singkatan LG. Perubahan nama terjadi pada GoldStar di tahun 1995 menjadi LG Electronics dan membeli Zenith Electronics.

Perusahaan ini terbesar kedua di Korea Selatan dalam bidang elektronik.

LG Electronics sebagai ikon dari LG Group dan LG Twin Towers yang menjadi kantor pusat di Yoido, Seoul.

CEO LG Electronics adalah Bon-joon Koo, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua LG Electronics pada 1 Oktober 2010.

Pendapatan LG sama dengan 3,4% atau $54 miliar.

4. KOREAN INDUSTRY OF AUTOMOBILE

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1944 ini bergerak di sektor produk konsumsi diskret. Dulunya, Kia memproduksi truk roda tiga. Dan pada tahun '92, memproduksi truk kecil dengan nama Ceres.

Perusahaan yang sebelumnya bernama Asia Motors ini mengalami kebangkrutan saat krisis ekonomi 98. Namun berhasil bangkit kembali setelah sahamnya dibeli Hyundai Motor Company.

Pendapatan KIA adalah 2,9% atau $47 miliar.

5. KOREAN AIR

Maskapai penerbangan nasional ini bermarkas di Gonghang-dong, Gangseo-gu di Seoul, Korea Selatan.

Didirikan pada tahun 1962, Korean Air menggantikan Korean National Airlines yang didirikan ketika Korea merdeka dari penjajahan Jepang.

Mulanya, maskapai ini dimiliki oleh pemerintah Korsel. Namun, maskapai ini diprivatisasi dan menjadi bagian dari Hanjin Group ditahun 1969.

Pendapatan Korean Air adalah 0,7% atau $11 miliar.

6. BTS

Salah satu boyband ternama jebolan big hit entertainment ini adalah salah satu penyumbang GDP Korea Selatan dengan penjualan album dan konser-konser di beberapa negara BTS beberapa ahkir ini menjadi sangat populer.

Perusahaan Korea Selatan yang paling sebanding dengan kontribusi BTS adalah Korean Air, yang memperoleh pendapatan $ 11,65 miliar - 0,7 persen dari PDB - pada tahun 2018. Pada akhirnya, BTS's $4,65 miliar hanya merupakan kontribusi kecil terhadap PDB Korea Selatan sebesar 0,3 persen.

Dari entitas-entitas yang terpapar secara umum tersebut tentunya masih banyak lagi entitas penyumbang GDP Korsel seperti Industri Hiburan, Sektor Pariwisata, Produk-Produk Kecantikan dan Fashion.

Referensi & Sumber :

  1. https://www.google.com/amp/s/www.statista.com/chart/amp/19854/companies-bts-share-of-south-korea-gdp/
  2. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Samsung
  3. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hyundai_Motor_Company
  4. https://id.m.wikipedia.org/wiki/LG_Electronics
  5. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kia_Motors
  6. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Korean_Air
  7. https://www.britannica.com/place/South-Korea/Economic-and-social-developments

Posting Komentar untuk "Penyumbang Gross Domestic Product Korea Selatan"