Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persamaan dan perbedaan antara Amerika Serikat dan Kanada


Persamaan

1. Multikultural

Baik Amerika Serikat maupun Kanada merupakan negara multikultural. Mayoritas penduduk kedua negara tersebut adalah bukan pribumi melainkan pendatang dari belahan dunia. Hal ini membuat kedua negara tersebut memiliki populasi beragam etnis dari seluruh dunia.

2. Media Hiburan

Kanada dan Amerika Serikat mengikuti selebriti yang hampir sama dan yang paling fokus pada hiburan adalah di Hollywood. Ada banyak aktor dan pemain terkenal Kanada di Hollywood, dan orang Kanada juga cenderung mengikuti banyak bentuk hiburan dari Amerika Serikat seperti musik, film dll.

3. Nasionalisme Yang Kuat

Orang Amerika maupun Kanada sama-sama bangga dengan negara mereka. Mereka bangga menggunakan kaos dengan gambar bendera negara mereka.

4. Kebiasaan Memberi Tip

Di Amerika Serikat maupun Kanada. Harga yg tercantum bukanlah harga yang sebenernya. Biasanya pembeli, memberi tip sekitar 15-20%.

5. Suka olahraga

Kedua negara menyukai tim olahraga mereka. Hoki, sepak bola Amerika, bisbol, dan bola basket semuanya dipuja di Amerika Serikat dan Kanada. Olahraga menyatukan orang-orang dari kedua negara.

6. Brand Barang

Jika kita bepergian dari Kanada ke Amerika atau Amerika ke Kanada, Anda akan melihat banyak merek yang sama. Tentu saja ada toko khusus yang khusus untuk negara yang tidak pernah melintasi perbatasan, tetapi banyak merek besar seperti Nike, Old Navy, Gap, atau Michael Kors yang tersedia di kedua negara. H&M dan Forever 21 populer di kalangan wanita muda, Walmart dan Costco ada di setiap kota besar di kedua negara dan yang paling penting, Amazon mengambil alih dunia, terutama di Kanada dan AS.

Perbedaan

1. Sistem Pengukuran

Amerika Serikat menggunakan sistem pengukuran yang berbeda dengan kebanyakan negara di dunia yaitu Imperial. Di Amerika Serikat petunjuk jalan tidak menggunakan Kilometer tp Mile, sedangkan tinggi badan menggunakan kaki dan inch bukan centimeter/meter. Sedangkan Kanada menggunakan sistem Metrik seperti negara pada umumnya.

2. Sistem Pemerintahan

Amerika Serikat dipimpin oleh seorang presiden, sedangkan Kanada adalah negara Persemakmuran Inggris yang dipimpin oleh seorang perdana menteri. Dan, secara teknis, Ratu Elizabeth adalah Kepala Negara Kanada.

Partai politik juga berbeda. Di Amerika Serikat ada dua partai besar: Demokrat dan Republik. Kanada memiliki empat partai besar dan banyak partai kecil, seperti Konservatif, Liberal, Partai Demokrat Baru, dan Partai Hijau.

3. Penerimaan Imigran

Kanada lebih 'welcome' terhadap pengungsi dan imigran dibandingkan tetangganya, Amerika Serikat.

Kanada melihat imigrasi sebagai hal yang penting bagi keberhasilan ekonomi mereka. Bangsa ini telah mengundang begitu banyak imigran sehingga hari ini, seperlima dari populasi adalah orang asing
Imigran disebut sebagai "orang Kanada baru" dengan harapan bahwa mereka akan tinggal di negara itu. Dalam hal pengungsi, ada program #WelcomeRefugees yang menawarkan bantuan kepada pengungsi.

4. Sistem Pendidikan

Di Amerika Serikat sistem anak-anak mulai di taman kanak-kanak, kemudian pindah ke SD hingga kelas lima, kemudian SMP hingga kelas delapan, dan kemudian SMA atas hingga kelas 12.

Di Kanada, tidak ada yang SMP. Anak-anak masuk SD hingga kelas tujuh, lalu masuk sekolah menengah hingga kelas 12. Di Quebec, siswa menyelesaikan sekolah menengah setelah kelas 11 dan kemudian pergi ke sekolah kejuruan selama dua tahun - setelah itu, mereka mungkin melanjutkan ke perguruan tinggi.

5. Kualitas Pendidikan

Menurut OECD, orang Kanada rata-rata lebih berpendidikan daripada orang Amerika. Sekitar 55,2% orang dewasa dari umur 25-64 di Kanada sudah sarjana. Sedangkan Amerika menurut Census Bureau hanya 33,4%.

6. Jumlah Bahasa Utama

Amerika Serikat hanya memiliki satu bahasa utama, yaitu bahasa Inggris. Sedangkan Kanada memiliki dua bahasa utama, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Sekitar 29.8% orang Kanada adalah penutur bahasa Prancis. Di Quebec sendiri adalah daerah bahasa Prancis di kanada. Bahasa yang dituturkan disana hanya bahasa Prancis, bukan Inggris.

7. Shopping Secara Online

Orang Amerika lebih suka shopping secara online dibanding orang Kanada.

Menurut Advantage 2 Retail, e-commerce hanya mewakili sekitar 4,5% dari total penjualan ritel di Kanada, dibandingkan dengan 7,7% dari penjualan ritel di AS. Menurut Bustle, Amazon Kanada memiliki pilihan yang jauh lebih kecil. Dan satu infografis menunjukkan bahwa kurang dari setengah bisnis Kanada memiliki situs web.

8. Kesehatan Gratis

Di Amerika Serikat perawatan kesehatan bisa sangat mahal. Perjalanan sederhana ke walk-in clinic dapat memberi Anda beberapa ratus hingga ribuan dolar tergantung pada apa yang kita lakukan. Di Kanada, orang tidak perlu khawatir tentang perawatan kesehatan. Orang Kanada mendapat layanan kesehatan secara gratis.

Sumber:

  • https://woltersworld.com/10-ways-the-usa-canada-are-the-same-country/
  • https://whyunlike.com/similarities-between-canada-and-usa/
  • https://www.thetravel.com/10-major-cultural-differences-between-america-and-canada-10-things-oddly-similar/amp/

Posting Komentar untuk "Persamaan dan perbedaan antara Amerika Serikat dan Kanada"