Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Uzbekistan - Pusat Peradaban Asia Tengah


Uzbekistan membanggakan zaman kejayaan Islam di masa lalu dengan kota berarsitektur klasik bernilai sejarah yang tinggi. Uzbekistan juga melahirkan tokoh-tokoh Islam penting.

Selain kota bersejarah. Uzbekistan juga memiliki ibukota Tashkent yang berarsitektur modern
Catatan : Timnas Sepakbola Indonesia akan bertanding di Uzbekistan pada event AFC U-19 Championship di bulan Oktober. Sebagai persiapan menyambut piala dunia FIFA U-20 di negara kita sendiri tahun depan.

Profil Singkat

  • Ibukota : Tashkent
  • Bahasa Resmi : Uzbek
  • Agama : Mayoritas Islam (88%)
  • Mata Uang : So'm

Bendera & Lambang

  • Biru melambangkan langit dan rumpun bangsa Turki
  • Putih melambangkan kesucian.
  • Hijau melambangkan islam dan kesuburan
  • Merah melambangkan pembuluh darah sebagai simbol kekuatan dalam diri manusia
12 bintang adalah angka yang penting. Melambangkan 12 bulan, 12 imam, dan polanya dibentuk membentuk tulisan "Allah" dalam bahasa Arab

Sedangkan lambangnya bergaya Uni Soviet dengan padi dan kapasnya. Burung ini adalah Huma, burung mitologis bangsa Uzbek, melambangkan kemerdekaan dan kebahagiaan. Dua sungai melambangkan Sungai Syr Darya dan Amu Darya.

1. Uzbekistan adalah negara bekas Uni Soviet dengan penduduk terbanyak di Asia Tengah sekitar 34 jutaan.

2. Uzbekistan dikenal sebagai "largest doubly landlocked country" artinya Uzbekistan adalah negara terbesar yang tidak punya laut dan dikelilingi oleh negara-negara yang tidak punya laut juga. Laut Kaspia dianggap sebagai danau dan tidak dihitung sebagai laut.

3. Uzbekistan dilewati oleh jalur sutra yang merupakan rute perdagangan kuno yang sangat ramai. Berdirilah kota-kota bersejarah penting seperti Bukhara, Samarkand, dan Khiva.

Kota Khiva. Kota bersejarah yang lain, juga dilewati jalur sutera yang ramai
4. Uzbekistan adalah negara yang kaya, memiliki tambang seperti emas, minyak, gas alam, uranium, dan tembaga. Selain itu Uzbekistan adalah salah satu pengekspor tanaman kapas terbesar di dunia. Tetapi Uzbekistan masih kalah maju dibanding Kazakhstan.

5. Setelah Uni Soviet bubar, Uzbekistan dikuasai diktator Islam Karimov selama 25 tahun, Uzbekistan lamban untuk maju karena korupsi besar besaran dan masih memakai sistem ekonomi ala Soviet.

Tetapi berkat kekejamannya dia berhasil mempertahankan negeri ini dari kehancuran mengingat Uzbekistan memiliki banyak suku minoritas serta berbatasan dengan negara konflik penuh teroris seperti Tajikistan dan Afghanistan.

Setelah Karimov meninggal tahun 2016, Uzbekistan dipimpin Shavkat Mirziyoyev dan bertransisi menjadi kapitalis serta semakin membuka diri terhadap negara lain sehingga mulai berkembang pesat.

Sejarah Singkat

1. Karena dilewati jalur sutra yang ramai berdirilah kota-kota penting seperti Bukhara, Samarkand, dan Khiva. Uzbekistan dulunya dikuasai oleh berbagai negara dan kekaisaran seperti Yunani, Arab, Persia dan Mongol.

Penduduk Bukhara memakai pakaian tradisional
Suku Uzbek sendiri merupakan campuran orang Iran, Turki, Mongol. Lama kelamaan Mongol akhirnya pecah menjadi banyak negara. Tahun 1300an, warlord bernama Timur dari suku campuran Turki-Mongol mendirikan Timurid Empire di Asia Tengah.

Timur adalah penganut Islam Sunni dan ingin mengembalikan kejayaan Genghis Khan. Dia terkenal kejam terhadap musuh-musuhnya tetapi sangat mengapresiasi seni. Dia mengumpulkan seniman dan arsitek dari seluruh penjuru Empire-nya untuk mempercantik kota Samarkand.

Berjalan-jalan di kota biru Samarkand
Duta Besar kerajaan eropa di Timur Empire bahkan bilang jika Samarkand tak pernah berhenti dibangun, jika Timur tidak suka dengan suatu bangunan dia memerintahkan untuk membongkar dan membangunnya kembali.

2. Setelah Timur tiada, kekaisarannya mulai melemah dan terpecah belah. Muncul negara-negara Islam keturunan Turki-Mongol seperti Bukhara, Khokand, dan Khiva.

3. Diawal abad ke-19, Rusia mulai menjajah Asia tengah termasuk Uzbekistan, terutama karena ancaman Inggris di India.

4. Dimasa Uni Soviet, negara-negara yang disebutkan diatas dibubarkan dan Uni Soviet membentuk negara-negara baru seperti Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, dll. Uni Soviet memastikan supaya suku-suku disini tidak bisa bersatu sehingga dapat melawan Uni Soviet.

Contohnya kota Samarkand dan Bukhara dihuni mayoritas suku Tajik tapi dimasukkan Uzbekistan, sedangkan suku uzbek juga dapat ditemukan di Tajikistan atau Kyrgyzstan. Setelah Uni Soviet bubar, negara-negara ini akhirnya dilanda konflik atau diperintah diktator yang kejam untuk mengatasi pemberontakan.

5. Sejak Uni Soviet bubar sampai tahun 2016, diktator Islam Karimov menguasai negara ini.

Etnis

1. 80% suku uzbek, sisanya adalah berbagai suku minoritas seperti Tajik, Kazakh, Rusia, dll. Kota-kota seperti Samarkand dan Bukhara dihuni suku Tajik tetapi oleh Uni Soviet diserahkan ke Uzbekistan bukan ke Tajikistan supaya tidak ada persatuan etnis. Identitas Tajik di Uzbekistan lama kelamaan luntur dan mereka mulai merasa menjadi suku Uzbek.

2. Suku minoritas lain adalah Karakalpak berjumlah 500.000 atau 2% dari seluruh Uzbekistan. Karakalpak diberi otonomi khusus bernama Republik Otonom Karakalpakstan beribukota Nukus dan berbahasa resmi Karakalpak.

Karakalpakstan diberi hak untuk merdeka jika mereka mau. Tetapi kemungkinan tidak akan pernah merdeka mengingat daerahnya yang sangat kering dan miskin.

3. Suku lainnya misalnya bangsa Korea atau disebut Koryo-Saram atau Goryeoin (고려사람 / 고려인). Koryo-Saram berjumlah 500.000 tersebar diberbagai negara bekas Uni Soviet, 100.000 diantaranya berada di Uzbekistan.

Orang Korea dulunya tinggal ujung timur rusia dan kemudian dideportasi oleh Uni Soviet ke Uzbekistan dan sekitarnya supaya mereka tidak menjadi mata-mata jepang.

Lain-lain

1. Uzbekistan memiliki kota bersejarah seperti Bukhara, Samarkand, Khiva, dll. Bukhara adalah kota penting pada masa keemasan Islam menyaingi kota Baghdad. Ibukota Tashkent memiliki masjid klasik Teleshayakh yang terdapat salah satu mushaf Al-Qur'an tertua.

Kota bersejarah Bukhara. Tempat lahirnya Imam Bukhari
2. Uzbekistan melahirkan tokoh penting Islam seperti Al-Khwarizmi (Ilmuwan persia penemu aljabar), Imam Al-Bukhari (ahli hadits lahir di kota Bukhara), Ulugh Beg (astronom dan matematikawan masa Timur Empire), Imam At-Tirmizhi (ahli hadits lahir di kota Termez), Imam Maturidi (pendiri aliran Maturidiyah).

Hasil seni dan arsitektur Kaisar Timur di Tashkent yang mengembalikan kejayaan Mongol Empire
Dibawah pemerintahan Oz Beg Khan, Islam dijadikan agama resmi Gerombolan Emas, salah satu negara besar pecahan Mongol Empire. Budaya Mongol, Turki, dan Islam bersatu padu membentuk budaya Uzbekistan sekarang ini.

3. Uzbekistan juga disebut sebagai negeri seribu makam karena banyak makam orang penting disini. Seperti Kusam Ibn Abbas (sepupu Nabi Muhammad menyebarkan agama Islam disini pada abad ke-7), Imam Al-Bukhari, Bahauddin Naqsyabandi (pendiri aliran Naqsyabandiyah), dll.

Jutaan peziarah dari Uzbekistan sendiri, dan negara lain seperti Indonesia, Malaysia, Turki, dll datang kesini tiap tahunnya.

Makam Nabi Daniel dengan panjang 18 m karena menurut legenda mayatnya memanjang tiap tahun
Nabi Daniel juga dipercaya dikuburkan disini, walaupun banyak juga yang percaya kuburannya di Iran. Dia adalah tokoh agama Yahudi, Kristen, maupun Islam.

Uniknya makam ini berukuran 18m karena menurut legenda mayatnya selalu tumbuh. Islam di Uzbekistan memang merupakan kepercayaan campuran dari tradisi Islam dengan Mongol, Turki, dll.

4. Sebagian besar wilayahnya adalah gurun Kyzylkum yang kering, sisanya adalah lembah Fergana yang sangat subur dikelilingi oleh pegunungan yang ditutupi es.

Suku Karakalpak dengan tenda Yurt & Lembah Ferghana yang ditanami kapas 
5. Uzbekistan menjadi kaya karena memiliki emas dan minyak. Selain itu mereka juga pengekspor kapas.


Uzbekistan sering dituduh melakukan perbudakan modern di lembah fergana dengan mempekerjakan jutaan penduduk disana sebagai petani kapas. Contoh kegunaan kapas adalah pakaian dan uang kertas.

6. Lembah fergana dikenal memiliki perbatasan yang edan. Terdapat empat eksklave atau daerah milik Uzbekistan di tengah Kyrgyzstan serta daerah milik Tajikistan dan Kyrgyzstan di tengah Uzbekistan.

Perbatasan ini dibuat pada zaman Uni Soviet untuk merusak rasa persatuan suku-suku disini. Dan sepertinya mereka berhasil karena daerah ini rawan konflik dan menjadi sarang teroris.

7. Pada masa Uni Soviet terjadi salah satu insiden lingkungan terparah di dunia yaitu mengeringnya Danau Aral karena digunakan untuk irigasi. Danau yang kering ini mengakibatkan badai pasir dahsyat yang menganggu penduduk sekitar dan merusak kesuburan tanah disana. Disini kalian bisa melihat banyak kapal rongsokan di tengah padang pasir.

Danau Aral
8. Pada masa Uni Soviet. Pulau di tengah danau Aral yaitu Vozrozhdeniya dijadikan tempat ujicoba senjata biologis seperti anthrax dan penyakit cacar. Sekarang tempat ini dikosongkan.

9. Di bidang olahraga, Uzbekistan meraih medali emas olimpiade di bidang boxing, gulat, dan angkat beban. Beladiri nasionalnya yaitu Kurash dipertandingkan di Asian Games. Olahraga lain yang populer dan berprestasi adalah sepakbola, catur, ice hockey, dan tennis.

Mbak mbak atlet Uzbekistan ❤️❤️

Referensi :

  • https://www.bbc.com/news/world-asia-44685414
  • http://www.cottoncampaign.org/uzbekistans-forced-labor-problem.html
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Uzbekistan
  • https://www.rferl.org/a/sokh-exclave-kyrgyzstan-uzbekistan/24877127.html
  • https://www.rferl.org/a/uzbekistan-kyrgyzstan-resolving-decades-old-border-dispute/28918059.html
  • https://www.scmp.com/lifestyle/travel-leisure/article/2124453/five-reasons-visit-uzbekistan-unesco-heritage-sites-old

Posting Komentar untuk "Profil Uzbekistan - Pusat Peradaban Asia Tengah"