Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebenarnya Apa itu Dinosaurus?


Pertanyaan ini tidak mudah dijawab. Dinosaurus termasuk reptil yg bersisik. Dinosaurus bertelur dan berdiri dg tungkai di bawah tubuh (tidak disamping tubuh seperti buaya). Dan beberapa dinosaurus berbulu.

Sebagian ciri itu juga ada di burung. Malah boleh dikata burung termasuk dinosaurus. Sesuatu (barangkali jatuhnya asteroid) membinasakan dinosaurus penghuni daratan sekitar 65 juta tahun silam, tapi burung terus hidup sebagaimana banyak reptil dan mamalia.

Dinosaurus digolongkan menjadi 2 kelompok berdasarkan bentuk tulang panggul.

Dinosaurus Saurischia (panggul kadal) adalah dino golongan pemakan daging dan pemakan tumbuhan terbesar. Sedangkan Dinosaurus Ornitischia (panggul burung) ialah pemakan tumbuh-tumbuhan misalnya seperti stegosaurus, dinosaurus berparuh bebek, dan dinosaurus bertanduk.

Dinosaurus aneka bentuk dan ukuran menguasai daratan selama 150 juta tahun lebih, tapi bukan hanya mereka yg berkeliaran di darat, di laut dan udara pada zaman itu.

Langit dikuasai reptil terbang yg disebut pterosaurus. Pterosaurus sudah muncul sebelum dinosaurus ada dan tumbuh sebesar pesawat terbang kecil. Reptil terbang paling besar adalah Quetzalcoatlus dg lebar sayap 14 meter.

Laut juga dikuasai reptil laut seperti ichtyosaurus, plesiosaurus yg berleher panjang, tylosaurus dll. Reptil laut paling besar adalah shonisaurus dg panjang 21 meter. Selain itu juga ada hiu besar dan penyu raksasa berenang-renang di lautan.

Oh ya, di daratan juga ada mamalia yg hidup di bawah bayang-bayang dinosaurus seperti repenomamus yg berukuran sebesar anjing.

Sumber:

  • National Geographic

Posting Komentar untuk "Sebenarnya Apa itu Dinosaurus?"