Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkat-tingkat Organisasi Biologis



Berikut rangkuman tingkat-tingkat organisasi biologis, untuk memenuhi kebutuhan kalian yang masih sekolah. Yak, langsung saja kita mulai dari dasar.

Ilustrasi oleh: Enslikopedia Bebas


1. Biosfer

Setelah kita berada cukup dekat dengan bumi sehingga bisa melihat benua dan samudra lalu melihat ada tanda-tanda kehidupan seperti dari warna-warna kehijauan hutan, inilah padangan biosfer. Biosfer terdiri dari semua lingkungan di Bumi yang dihuni oleh kehidupan. Biosfer itu mencakup sebagian besar wilayah daratan, air, dan atmosfer sampai ketinggian beberapa kilo meter. 

2. Ekosistem

Lalu kita mendekat lagi ke permukaan bumi, bayangkanlah mendarat di Kalimantan. Kita mulai melihat hutan trofis dengan banyak pohon. Hutan ini merupakan controh ekosistem. Padang rumput, gurut, terumbu karang di laut adalah tipe ekosistem yang lain.

Ekosistem itu terdiri dari semua makhluk hidup di daerah terntentu, bersama ksemua komponen tak hidup dalam lingkungan yang berinteraksi dengan mahluk hidup. Misalnya, tanah, air, gas-gas di atmosfer, dan cahaya. Nah, gabungan seluruh ekosistem bumi ini disebut biosfer.

3. Komunitas

Seluruh makhluk hidup (organisme) yang menghuni suatu ekosistem tertentu disebut dengan komunitas biologis. Komunitas dalam ekosistem hutan ini mencakup banyak jenis pohon, tumbuhan, hewan, cendawan dan fungi, juga beragam mickoorganisme kayak bakteri. Masing-masing bentuk kehidupan ini disebutnya spesies.

4. Populasi

Suatu populasi terdiri dari semua individu dari suatu spesies yang hidup dalam batas-batas daerah tertentu. Misalnya, hutan Kalimantan  yang mencakup populasi pohon bakau dan populasi bekantan. Nah dari sini ada lebih gambaran kalo komunitas yang di no.3 tadi berarti beberapa populasi yang menghuni daerah tertentu, yang saling berinteraksi.

5. Organisme

Organisme adalah sebutan untuk makhluk hidup individual. Setiap pohon bakai dan tumbuhan lain di hutan merupakan suatu organisme, termasuk hewan-hewannya, kayak katak, serangga. Tanahnya juga dipenuhi mikoorganisme seperti bakteri.

6. Organ dan Sistem Organ 

Organ ini melaksanakan fungsi tertentu dalam tubuh. Contohnya nih, organ manusia itu adalah otak, jantung dan  ginjal. Nah, sistem organnya itu merupakan sekelompok organ yang bekerja sama melaksanakan suatu fungsi yang spesifik. Misalnya, sistem perncernaan manusia mencakup organ-organ seperti lindah, lambung, dan usus.

7. Jaringan 

Jika kita ambil pada tubuh manusia, tubuh manusia terdiri dari 4 jenis jaringan yang berbeda. Keempatnya tersebut adalah jaringan otot, jaringan ikat, jaringan epitel, dan terakhir jaringan saraf pada tubuh.

Jadi jaringan ini adalah kelompok sel yang memiliki struktur serupa dan bertindak bersama untuk melakukan fungsi tertentu. ... Kelompok-kelompok jaringan ini membentuk organ-organ dalam tubuh seperti otak kita.

8. Sel

Sel adlaah unit fundamental bagi struktur dan fungsi kehidupan. Tubuh manusia dterdiri dari triliunan sel mikroskopik dari berbagai jenis, misalnya sel oto dan sel saraf yang terorganisasi menjadi berbagai jaringan terspesialisasi.

Misalnya, otot yang terdiri dari sel-sel yang terspesialisasi untuk berkontraksi, yaitu dengan mengandung protein kontraktil yang dapat berubah ukurannya (memanjang atau memendek).

9. Organel 

Nah si sel punya b organel atau bagian-bagian penyusun. Ada 7 bagian dari si organel ini. Gugel aja, gampang nemu ._.

10. Molekul

Molekul adalah struktur kimia yang terdiri dari dua atau lebih unit kimia kecil yang disebut atom. Yah kayak bola-bola pada gambar di bawah representasinya tuh. 

Di tubuh manusia ada ribuan molekul. Contohnya glukosa, karbon dioksida, dan natrium klorida. Beberapa molekul kunci ini hanya terdiri dari dua atom, sementara yang lainnya adalah makromolekul kompleks  seperti protein, lipid, dan karbohidrat.

Referensi:
  • Bilologi, Neil A. Campbell & Jane B.Reece, 2010. Penerbit Erlangga. Jakarta
  • zenius.net

Posting Komentar untuk "Tingkat-tingkat Organisasi Biologis"