Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VPN Explained: Apa Itu VPN?


VPN Explained



Pada postingan kali ini, saya akan membahas apa sih itu VPN dan apa saja manfaatnya, selain membuka situs yang “negatif”. Tidak semua orang menggunakan VPN untuk membuka situs negatif.

Mungkin bagi kalian sudah tidak asing lagi dengan VPN. Yup, hampir semua kalangan mengetahui ini. Tapi taukah kamu bahwa bila ada teman Anda memakai VPN, pasti terlintas untuk membuka situs yang dilarang oleh negara?

Nah di postingan ini saya akan mematahkan penggunaan VPN, selain untuk membuka situs yang diblokir.

Apa Itu VPN?


VPN yang memiliki singkatan dari Virtual Private Network ialah sebuah layanan koneksi yang memberikan akses ke website ataupun web secara aman (secure) dan pribadi ataupun rahasia (private) dengan mengubah alur koneksi melalui server serta me-nyembunyi-kan pertukaran data.

SVPN meng-hubungkan ponsel ataupun PC ke komputer yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan internet, dan mengizinkan kamu untuk menjelajahk internet menggunakan jaringan internet komputer.


Jadi jika komputer (server) di negara yang berbeda, itu akan menjadi negara yang kamu gunakan ketika internet mencoba mengenai kamu melalui koneksi tersebut dan kamu dapat mengakses sesuatu yang tidak bisa kamu akses dari negaramu.

Dahulu, VPN lebih sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk melindungi data yang sensitif. Kini, layanan ini semakin banyak digunakan untuk mengakses situs yang memiliki batasan wilayah atau koneksi.

Apa saja manfaat dari penggunaan VPN?


  • Menyembunyikan atau mengubah alamat IP.
  • Melindungi data pribadi yang ditransfer melalui WiFi publik.
  • Menyembunyikan aktivitas browsing dari pengguna lain yang hendak memantaunya.
  • Menyembunyikan lokasi sehingga kamu bisa mengakses konten yang dibatasi dalam beberapa negara.
  • Melindungi pengguna dari hotspot WiFi yang tidak meyakinkan.
  • Mengakses situs yang diblokir.
  • Membuat pengguna menjadi anonim.
  • Mengalihkan game ke salah satu negara*
    • Ping yang didapat jadi lebih kecil
  • Agar perangkat dapat di remote*

Apakah VPN bisa bypass FUP? (Khusus ISP yang menerapkan kebijakan FUP)

Nah untuk pertanyaan ini, saya tidak bisa jamin. Kenapa? Karena beda daerah beda rasa. So, kalau ternyata bisa di bypass, nikmatilah 😀

Apakah VPN bisa digunakan untuk Internet Gratis?

Dulu, banyak sekali informasi yang bertebaran mengenai internet gratis dengan VPN. Namun, saya juga tidak bisa menjamin 100% bisa digunakan dalam posisi 0 paket. Jadi, untuk pertanyaan ini, No Comment

Apakah VPN bisa memperkecil Ping?

Untuk poin ini, ada beberapa ISP yang bila kita bermain game tanpa VPN, maka ping menjadi tidak stabil. Nah, dengan mengkoneksikan VPN, baru deh ping jadi stabil**

Apakah VPN bisa menambah kecepatan? Misal kecepatan internet saya 10Mbps, apakah dengan menggunakan VPN kecepatannya dapat bertambah 2x lipat?

TIDAK BISA. Tetap mengikuti Bandwidth dari ISP tempat kamu berlangganan

Pakai VPN aman gak sih?

Sejauh ini, saya memakai VPN aman-aman aja. Asal tidak untuk transaksi belanja online (kadang, ada beberapa merchant yang memblokir pengguna VPN untuk alasan keamanan)

Bisa gak unblock Netflix (untuk Telkom Group) dan nonton streaming berdasarkan region negara?

Bila kamu menggunakan VPN gratisan, maka kamu TIDAK bisa mengakses layanan streaming seperti Netflix, Hulu, dkk. Kenapa? Karena pihak streaming telah memblokir IP provider cloud server, yang dimana hampir semua penyedia VPN gratis menyewa di provider cloud (sebut saja DO dan Vultr yang paling umum digunakan). Dan perlu diperhatikan, jikapun kamu bisa menonton dengan memakai VPN, maka kontennya mengikuti lokasi tempat kamu menghubungkan ke VPN.

Note :

* = Khusus Mikrotik
** = kamu harus menghubungkan VPN minimal ke negara SG. Karena lokasinya yang terdekat dari Indonesia, dan TIDAK menjamin kalau Ping menjadi lebih stabil (Atau bahkan, bisa saja IP VPN diblok oleh game)

Special thx to: Naufal

Posting Komentar untuk "VPN Explained: Apa Itu VPN?"