Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Mengatasi Depresi Atau Stres?

 

Bagaimana Mengatasi Depresi Atau Stres?

Sebelum ada yang tanya, "Depresi dan stress itu kan beda, kok disamain?". Depresi memiliki banyak kemungkinan penyebab, seperti genetika,  kimia otak, dan situasi hidup kamu. Situasi kehidupan stres yang kronis dapat meningkatkan risiko munculnya depresi jika kamu tidak mengatasi stres dengan baik.

Oke langsung yah.

Jangan mendengarkan pikiran negatif

Pikiran negatif -> emosi negatif ->  energi kamu dihabiskan untuk menekan emosi -> tidak ada energi untuk melakukan hal lain  -> lebih banyak pikiran negatif

Kamu tidak bisa mempercayai pikiran kamu sendiri.

Ada beberapa hal yang menurut pikiran kamu nyata, dan beberapa tidak, lalu kamu  tidak dapat membedakan mana yang mana, mana yang betul, mana yang salah.

Pada saat-saat ketika kamu bahkan tidak bisa mempercayai pikiran kamu sendiri, siapa yang dapat kamu percayai?

  1. Orang tua atau keluarga
  2. Pasanganmu
  3. Sahabatmu
  4. Terapis kamu

Pilih satu atau dua, dan percayalah kata-kata orang itu daripada kata-kata kamu sendiri, karena selama waktu-waktu ini, penilaian kamu sedang terganggu.

Mengurangi jumlah pikiran negatif yang muncul di pikiran. Cobalah melakukan sesuatu.

Saya sangat menganjurkan pergi ke luar di bawah sinar matahari dan melakukan olahraga atau lakukan aktivitas yang membuatmu lebih banyak bergerak.

Kamu mungkin merasa tidak memiliki energi. Nah, perasaan Ini adalah pikiran negatif yang diberi makan terus oleh pikiran kamu sendiri.

Sekali kamu engga memberikan pikirian negatif ini makan dan kamu melakukan kegiatan lain,  hal itu akan menghasilkan lebih sedikit pikiran negatif. emosi negatifnya juga bisa berkurang.

Pelajari apa saja pemicu yang menyebabkan terjadinya episode depresi kamu dan hindarilah.

Depresi adalah tanda bahwa cara kamu menjalani hidup selama ini tidak berhasil. Karenanya, kamu perlu mengubah beberapa hal dalam hidup kamu.

Kamu mungkin harus mengubah pekerjaan, rutinitas, kegiatan, pola makan, kebiasaan tidur, rutinitas olahraga, dan teman bergaul.

Tidur yang cukup

Menurut National Seleep Foundation, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam. Dan tingkatkan kualitas tidur kamu:

  1. Tidurlah sebelum jam 10-11 malam.
  2. Bangun di waktu yang sama setiap hari. Bangun jam 4 ya jam 4 terus.
  3. Tidur di ruangan yang benar-benar gelap, matikan lampu
  4. Matikan semua alat elektronik, jika bisa 1 jam sebelum tidur.

Jika kamu  mulai menganggap tidur kamu lebih serius, kamu akan merasakan manfaatnya.

Selangkah demi selangkah. Sedikit demi sedikit. kamu akan menjadi orang baru di akhir ini. Mulailah dengan pemicu kamu. Itu adalah tanda yang paling jelas.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Mengatasi Depresi Atau Stres?"