Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan Online : Bagaimana Membangun Chat Yang Nyaman Saat Pertama

Berkenalan Online : Bagaimana Membangun Chat Yang Nyaman Saat Pertama

Rasanya, kehidupan kita sekarang tidak dapat lepas dari yang namanya Internet. Coba saja lihat di sekitarmu. Berapa banyak anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang punya, atau setidaknya lancar menggunakan Smartphone. Pasti banyak, kan?

Internet juga nampaknya telah menginasi seluruh kehidupan manusia saat ini. Contoh nyatanya banyak sekali. Lihat saja baik Feed atau Stories di Instagram. Banyak mereka yang berbagi kebahagiaan, sukacita, hingga hal-hal yang sepatutnya menjadi privasi mereka ke publik. Semua orang dapat melihat, juga dapat mengomentari. Kadang pula, sampai ada yang follow akun sosial media kita cuma hanya sebuah konten. Menarik, bukan?

Dari sinilah, mencul fenomena yang disebut Online Friend. Teman Online atau teman semu, yang tidak kita tahu fisiknya seperti apa, kepribadiannya seperti apa, hingga rutinitas yang dia lakukan tiap harinya. Seperti yang aku tulis diatas.

Kita hanya menilai teman online kita berdasarkan konten yang ada di sosial medianya. Hingga pada suatu saat, muncul rasa penasaran kita untuk mengenal orang tersebut lebih dalam. Caranya? Ya, dengan chatting atau mengirim pesan ke orang tersebut, lah. Setelah mengirim chat. Tentulah kita tidak dapat menebak respon apa yang diberikan oleh orang yang ingin kita kenal.

Tapi rasanya, sebagian dari kita agak kesulitan dalam proses pengenalan ini. Terkadang ada yang dapat respon baik, ada yang datar, atau bahkan mirisnya, di-blok. Jadi, bagaimana cara kita memulai sebuah percakapan agar tidak mendapat respon negatif? Tulisan kecil ini akan menjelaskannya dengan sederhana. Simak sampai habis, ya :)

1. Manner Adalah Koentji

Tentu saja ini masuk list pertama. Kita adalah manusia, makhluk sosial. Kita punya adab memperkenalkan diri secara sopan kepada seseorang. Maka dari itu, Manner/etika haruslah dipupuk dengan baik. Supaya orang yang kita ajak chat tidak berpikir negatif mengenai adab kita. Mungkin terdengar klise, tapi memang kebanyakan dari kita berkenalan dengan orang dengan sifat yang santun & sopan, bukan? Barulah ketika mulai akrab, segala keburukan kita akan terlihat oleh mereka.

2. Pahami Diri Sendiri Dahulu

Loh, maksudnya gimana ini? Gini, bro. Kita semua tentu memiliki ruang privasi. Dimana gak semua kenalan online kita tahu mengenai ini. Pertama-tama, posisikan dirimu menjadi seorang yang mendapat pesan dari kenalan online yang belum akrab. Jika mereka mengirimkanmu pesan yang mengharuskan kita untuk membalasnya secara cepat, sedangkan kita sedang memiliki kesibukan yang tidak bisa kita tinggalkan, apakah itu etis? Tentu tidak, bukan? Malah bisa-bisa kita langsung blok orang itu tanpa pikir panjang.

Berilah pesan sapaan yang menyenangkan. Bila perlu, tanyakan apakah dia sedang sibuk atau tidak. Jika Iya, tanyakan kapan akan senggang. Terdengar sederhana, namun hal kecil ini dapat memengaruhi penilaian pertama teman online terhadap diri kita.

3. Jangan SInggung Pribadinya Dulu

Selalu ingat, kamu follow akun sosial medianya karena tertarik akan konten yang dia posting. Bisa kesukaan, atau hobi (Beda kalo mau PDKT, silakan cari cara sendiri sana wkwkwkw). Baiknya, cari postingan yang menurutmu menarik. Kemudian jadikan itu topik obrolan. Jika orang yang ingin kamu kenal adalah Beauty Enthusiast, bisa tanyakan mengenai seluk-beluk Make Up yang ada di salah satu postingannya. Walaupun bagimu ini tidak penting. Jika obrolan yang terjadi pada fase ini terlihat cair & blend, maka akan terjadi kedekatan dengan sendirinya. Dan tiba saatnya bagi kalian untuk membuka sedikit demi sedikit privasi yang dijaga. Syukur-syukur jika berlanjut sampai Meet Up langsung.

Kurasa, 3 poin ini sudah cukup untuk mengawali suksesnya "Kenalan Online." Intinya adalah, walaupun kalian terlihat akrab di sosial media dengan sering memberi Like atau Komentar, belum tentu kita akan akrab juga jika sedang bercakapan secara personal. Selalu pahami diri sendiri, terapkan etika yang ada, pahami bahwa ada Jarak yang sama ketika kita berkenalan dengan orang secara langsung.

Sekian tulisanku kali ini. Terima kasih telah membaca.

Posting Komentar untuk "Berkenalan Online : Bagaimana Membangun Chat Yang Nyaman Saat Pertama"