Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah dan sebutan di Lapas atau Penjara

Istilah dan sebutan di Lapas atau Penjara
 

Lapas atau LP (Lembaga Pemasyarakatan) adalah eufimisme dari kata penjara. Banyak hal-hal, kejadian dan kata-kata yang unik didalam penjara.

Sekedar sharing dan cerita pengalaman dari agan Kaizen dipenjara.

Mas Kaizen ini dipenjara karena kasus penggerakan massa/demo menentang kebijakan pemerintah dalam hal RUU KUHP, RUU KPK, RUU Omnibuslaw/cipta kerja dan kebijakan pemerintah tentang lockdown. Ia terkena pasal (Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) pasal 160 menyebutkan:

"Barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang maupun perintah jabatan yang diberikan berdasar ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.”)

Kaizen dituntut jaksa dengan tuntutan 6 bulan dan ia dikenai hukuman 4 bulan oleh hakim.

Terhitung dari bulan april tanggal 14 2020 sampai 12 agustus 2020 dan kaizen sekarang sudah bebas.

Selamat membacaaaa...

1. Cadong

Cadong adalah eufimisme dari kata makanan yang disediakan dalam penjara,dan disediakan pada jam jam tertentu.

Cadong pagi biasanya di bagikan pada jam 7 pagi, cadong siang pada jam 12 siang/sehabis sholat zuhur, cadong sore biasanya dibagikan pada jam 5 sore.

2. Buka Tutup Keong/tutup Sket

Buka Tutup keong adalah eufimisme dari kata "sudah waktunya masuk kekamar masing masing dan dikunci".

Biasanya Dikeong pada jam 6 sore & dibuka lagi jam 6 pagi dan setiap apel/absen NAPI akan dikeong didalam kamar untuk melaksanakan apel pada jam 8 pagi, jam 2 siang & jam 8 malam.

3. Tempe Mayat

Tempe Mayat adalah Tempe untuk lauk nasi cadong yang kita dapat di penjara.

Kenapa bisa disebut Tempe Mayat? Karena tempe yang baru dicemplungin kedalam minyak yang panas langsung diangkat/tidak dimasak sampai matang. Rasanya hambar dan keasam-asaman :v

4. Ikan Terbang/ikan Indosiar

Ikan terbang/Ikan Indosiar sama seperti Tempe Mayat, Ikan ini Dijadikan Lauk Pauk Untuk Nasi Cadong.

Disebut Ikan Terbang karena yang disediakan hanya kepala ikannya saja dan ada ingsang yang mirip seperti sayap,karena itulah disebut ikan terbang.

Sedangkan Ikan Indosiar adalah ikan yang banyak sisiknya, kulitnya tebal, dagingnya sedikit, tulangnya banyak. :v

5. Jalan Bebek Sampe Ngos-ngos

Jalan Bebek adalah jalan sambil jongkok yang biasanya harus dilakukan oleh NAPI Baru disetiap Penjara.

Jalan bebek dilakukan dari awal masuk pintu gerbang lapas setelah diperiksa oleh petugas, lalu NAPI baru itu akan disuruh jalan bebek sampai keruangan register untuk mendaftarkan/menambah list NAPI.

Selanjutnya setelah keruangan register NAPI baru pun masih disuruh jalan bebek sampai mereka tiba di blok masing masing yang sudah di tetapkan oleh pihak lapas.

6. Air Mata Dewa

Air Mata Dewa adalah sebutan siksaan yang adalah di dalam penjara. Air Mata Dewa adalah plastik yang dibakar lalu tetesannya akan di arahkan kekulit orang yang disiksa.

7. Susu BUI

Susu BUI adalah eufimisme dari odol yang diseduh dan diaduk setelah itu diminum panas panas.

8. GP (Gembok Penjara)

GP Adalah singkatan dari Gembok Penjara yang besar. Biasanya Gembok Penjara Ini digunakan untuk menghukum NAPI yang kasus tawuran, begal.

Gembok ini akan dipukul kan kearah tenggorokan orang yang dihukum, sampai-sampai ada yang tidak bisa makan sampai seminggu sangking sakitnya dipukul pake GP.

9. Batu

Batu Adalah eufimisme dari kata keras,biasanya kata ini ditujukan pada orang orang penjara yang susah dibilangin, orang orang yang sok jagoan & sok keras.

10. OT

OT adalah sebutan bagi NAPI/Tahanan yang baru datang disetiap penjara, biasanya OT Baru akan dimintain duit buat bayar kamar kepada kepala kamar.

11. KS

KS adalah singkatan dari Kepala Suku,dipenjara pun ada yang main suku.

Mereka biasanya yang Suku Batak memakai bendera Korea sebagai simbol suku mereka & banyak suku suku lain yang punya KS-nya sendiri.

12. Frontmen

Frontmen adalah sebutan untuk napi lama yang jadi ketua pengurus blok.

13. Palkam

Palkam Adalah singkatan dari Kepala Kamar. Palkam adalah orang lama yang berkuasa didalam kamar penjara disalah satu blok.

14. Korpe

Korpe adalah eufimisme dari kata anak ilang yang ga dikunjungin sama keluarganya, ga mampu bayar kamar didalam penjara dan mereka akhirnya tidur dilorong, sukur-sukur bisa jadi Korpe (NAPI jadi pembantu NAPI) untuk memenuhi kebutuhan didalam penjara.

14. Matiin Lampu

Matiin Lampu adalah eufimisme sebutan bagi orang orang yang kasusnya penggelapan & Pencucian Uang.

15. Tipikor

Tipikor singkatan dari Tindak Pidana Korupsi. Sebutan ini di labelkan kepada orang orang yang berkasus korupsi.

16. Stut

Stut adalah eufimisme dari kata pelecehan, pemerkosaan dll. Kasus pelecehan dan pemerkosaan disebut sebagai kasus Stut.

17. Bogi

Bogi adalah singkatan dari Bos Gila.

Bagi orang yang berkecukupan/kelas mengengah & menengah keatas bisa jadi Bogi, yang kerjanya tidur makan doang. Tapi itu harus bayar kepada KS, Frontmen,Palkam.

18. Nembak

Nembak adalah eufimisme dari sebutan masak air. Soalnya masak air dipenjara itu pakai botol yang berisi air dan di dibawahnya ada api. Air itu dimasak sampai matang untuk minum kopi, teh dll.

19. Guling Botol

Guling Botol adalah hukuman. NAPI yang terkena hukuman ini disuruh tiduran dan guling-gulingan muterin lapas sampai keringetan. :v

20. Botol

Botol adalah eufimisme dari kata HP. NAPI menyebut handphone yang mereka miliki dengan sebutan Botol agar tidak diketahui oleh petugas.

21. Offside

Offside adalah sebutan bagi NAPI yang melanggar hukuman atau melampaui batas dan setelah itu NAPI yang offside akan dihukum.

22. Batman

Batman adalah candaan ala NAPI, satu orang di ayun-ayunkan oleh 3-4 orang lalu dilemparkan ke tembok.

Posting Komentar untuk "Istilah dan sebutan di Lapas atau Penjara"