Review Youtube Rewind Indonesia 2020, Suguhan yang Mengagumkan

Rewind Indonesia 2020 baru saja tayang malam tadi (28/12), di channel Indonesian Youtubers. Video berdurasi sekitar 14 menit ini di-direct oleh ..

Rewind Indonesia 2020 baru saja tayang malam tadi (28/12), di channel Indonesian Youtubers. Video berdurasi sekitar 14 menit ini di-direct oleh Chandra Liow & Aulion, dan–kalo kata deskripsinya–diinisiasi oleh Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Chandra Liow, Aulion, & Nessie Judge.

Berdasarkan pantauan mata saya, video ini berhasil meraih 200 ribu views dalam 30 menit penayangannya. Angka yang cukup besar, tentunya.

Kebetulan saya menonton Youtube Rewind ini saat tayang perdana/premiere-nya, menontonnya sampai habis, kemudian mencatat beberapa hal yang sekiranya menarik untuk ditulis dan dibaca.

Pertama: sinematografi yang apik.

Youtube Rewind 2020 keliatannya menjadi pelampiasan seorang Chandra Liow usai filmnya yang tayang beberapa waktu lalu, Bucin, dianggap beberapa kritikus sebagai film yang berantakan dan ‘pekok’. Mungkin emang habitatnya di Youtube kali ye~

Sepanjang video bertajuk “Rewind Indonesia 2020: #RI2020” ini kita akan disuguhi oleh penggunaan warna ataupun color grading yang memanjakan mata. Nyaris sempurna di seluruh elemen-elemen sinematografi. Dari detik pertama sampai menit terakhir.

Kedua: rewind yang komplit.

Sesuai namanya, Youtube Rewind ini berfungsi sebagai rekapan tragedi, video viral, acara, tren, dan musik setiap tahunnya. Rasa-rasanya Youtube Rewind Indonesia 2020 berhasil menyajikan kita semua itu. Banjir, pandemi, Among Us, Lathi, hingga men-satir soal politik. Kemudian kemunculan lagu fenomenal Kekeyi, Odading Mang Oleh, atau selebgram cadel sebisa mungkin dimunculkan, namun UNTUNGNYA, dengan porsi yang sangat sedikit.

Ketiga: youtubers yang juga komplit.

Sejak dua menit pertama, saya menduga bahwa yang nantinya muncul palingan lingkaran youtuber yang itu-itu aja: Jovi, Dovi, Tim2one, and the gang. Syukurlah bahwa saya keliru, bahwa sang inisiator berusaha merangkul semua youtuber dengan tema–tema yang beragam (sekalipun ada yang cuma lewat zoom meeting). Salah satu yang menarik adalah content creator animasi.

Keempat: momen terfavorit.

Ada beberapa bagian yang menarik perhatian saya dari Youtube RI 2020–ini menurut saya loh ya. Satu, yang bagian Among Us. Brilian. Scene ini menyerempet kasus pe-mute-an mic saat rapat paripurna, wawancara kursi kosong, kemudian dilanjutkan oleh tektokan komedi khas duo maut Coki-Muslim.

Dua, pas me-rewind Youtube Rewind sebelumnya. Bagian ini–dari pantauan di kolom komen–berhasil memecah keharuan penonton, saya salah satunya.


Selain keempat hal tadi, yang kelihatannya bagus-bagus semua, sebetulnya ada beberapa hal yang cukup menggelitik usus buntu saya. Yakni kita masih akan melihat peranan skinnyindonesian24, Tim2one, dan circle-nya yang cukup dominan–tapi emang wajar sih soal mereka yang jadi promotornya. Tapi saya tetap saja tidak paham, atas dasar apa sehingga tragedi pamit dari Youtube-nya Jovi & Dovi ditaruh di paling akhir sebelum credit title naik.

Video Rewind 2020



Terlepas dari itu semua, bagi saya, ini merupakan Youtube Rewind terbaik, patut kita beri apresiasi dan ucapan terima kasih yang besar-besarnya karena telah memberi hiburan akhir tahun yang mahal. Sepertinya tidak muluk-muluk jika menyematkan “yang terbaik”, setidaknya Rewind yang satu ini berada di (jauh) di atas Rewind-Rewind pendahulunya.

“Tahun 2020 yang keliatannya berat, sepertinya nggak buruk-buruk amat.” Itulah pesan yang barangkali ingin mereka sampaikan. Terima kasih #RI2020.