Berikut Tips Cara Mengambil Gambar Dengan Drone

Teknik pengambilan gambar saat ini mulai banyak dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang menarik. Salah satu alat pengambilan gambar yang ...
Berikut Tips Cara Mengambil Gambar Dengan Drone

Berikut Tips Cara Mengambil Gambar Dengan Drone – Teknik pengambilan gambar saat ini mulai banyak dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang menarik. Salah satu alat pengambilan gambar yang saat ini banyak digunakan adalah drone. Alat yang satu ini bentuknya menyerupai pesawat terbang, namun dalam bentuk lebih kecil.

Pengambilan gambar dengan drone harus dilakukan dengan cara yang tepat agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan. Pemilik drone harus terlebih dahulu memahami dengan baik cara pengoperasian alat pengambilan gambar yang satu ini. Berikut adalah beberapa tips mengenai cara yang bisa dilakukan untuk mengambil gambar menggunakan drone.

Melakukan Perekaman Sebelum Dan Sesudah Pengambilan

Cara mengambil gambar dengan drone yang pertama adalah melakukan perekaman sebelum dan sesudah pemotretan. Durasi perekeman pada saat mengambil gambar menggunakan drone adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pertimbangkan durasi pengambilan ini agar memudahkan pada saat proses pengeditan.

Pada saat proses perekaman ini berilah tambahan durasi selama kurang lebih 15 detik pada saat sebelum dan sesudah proses pengambilan gambar. Jeda waktu ini dianggap sudah proporsional pada saat proses pengambilan gambar dengan menggunakan drone. Pastikan posisi drone sudah dalam keadaan siap agar gambar yang diambil bisa sesuai dengan titik fokus yang diinginkan.

Memperhatikan Pergerakan Terbangnya

Drone merupakan alat pengambilan gambar yang cara pengoperasiannya dengan cara diterbangkan. Pengoperasian drone terbilang lumayan sulit apabila Anda belum memahami teknik dasar dalam mengendalikan alat pengabilan gambar yang satu ini. Teknik menerbangkan alat ini perlu dikuasai agar Anda bisa memahami cara mengambil gambar dengan drone.

Gerakan terbang drone harus terarah saat akan mengambil gambar agar objek bisa tersorot dengan baik. Kestabilan gerakan terbang drone juga akan membuat hasil pegambilan gambar tetap konsisten, salah satunya dalam sudut angle. Banyak angle yang bisa didapatkan saat pengambilan gambar menggunakan drone, namun Anda harus bisa memahai teknik dasar menerbangkan alat ini lebih dulu.

Menggunakan Mode ATTI

ATTI merupaka salah satu mode andalan cara mengambil gambar dengan drone yang banyak digunakan oleh pengambil gambar profesional maupun pilot pada saat menerbangkan drone. Mode ATTI ini memungkin gerakan terbang drone menjadi lebih halus, sehingga gambar yang diambil bisa jelas dan fokus. ATTI merupakan mode yang memungkinkan drone bisa mengambil gambar lebih bagus.

Syarat yang haus dipenuhi pada saat ingin menerbangkan drone menggunakan mode ATTI adalah pastikan bahwa areanya luas. Di samping itu, pastikan pula tidak ada rintangan di sekitar area terbang serta kondisi angin yang stabil. Hal ini perlu dilakukan agar Anda lebih mudah mengatur ketinggian drone saat melakukan pengambilan gambar tanpa takut alat ini akan bergerak tidak stabil.

Tidak Melakukannya Secara Buru-Buru

Cara mengambil gambar dengan drone yang berikutnya adalah tidak terburu-buru pada saat proses menerbangkan alat ini. Atur kecepatan drone agar berada dalam kondisi pelan agar gambar yang diambil dapat lebih fokus. Di samping itu, lakukan kontrol drone ini dengan perlahan agar hasil pengambilan gambarnya dapat dilihat dengan lebih jelas.

Menerbangkan drone dengan kecepatan rendah juga memudahkan pada saat akan mengubah angle dalam pengambilan gambar. Hal ini akan membuat hasil pengambilan gambar akan mempunyai beberapa sudut pandang yang menarik. Cara mengontrol gerakan terbang drone agar tidak terburu-buru pada saat pengambilan gambar adalah dengan menyesuaikan tuas pada remot kontrolnya.

Gunakan Tuas Remot Baru

Cara mengambil gambar dengan drone tidak selalu harus menggunakan remote bawaan yang berasal dari alat ini pada saat melakukan proses pengontrolan. Anda bisa mengkombinasikan drone dengan remot yang baru untuk menambah skill dalam menerbangkan alat ini. Tuas remot yang tepat juga akan membantu drone dapat terbang lebih baik saat digunakan pada proses pengambilan gambar.

Tuas remot control drone yang baru kini dapat didapatkan secara mudah melalui toko online dengan harga bervariasi dan bisa disesuaikan dengan budget. Kenyamanan tuas remot kontrol juga berpengaruh dalam pengendalian drone saat digunakan untuk mengabil gambar. Pastikan bahwa tuas remot control yang baru dapat digunakan untuk mengendalikan drone secara halus agar gambar fokus.

Rencanakan Jalur Terbang

Pada saat persiapan cara mengambil gambar dengan drone hal yang perlu diperhatikan adalah perencanaan jalur terbang. Perencanaan jalur terbang ini meliputi pengaturan titik koordinat untuk menentukan arah dari drone saat pengambilan gambar. Pastikan bahwa view yang dipilih dalam perencanaan jalur terbang harus memiliki angle bagus agar hasil gambar bisa sesuai harapan.

Setelah menemukan rencana jalur terbang, segera operasikan drone untuk mengambil gambar pada area tersebut. Usahakan Anda mengambil gambar disetiap titik jalur penerbangan drone ini untuk mendapatkan view yang terbaik dan hasil nya fokus. Di samping itu, pastikan bahwa Anda masih dapat mengontrol drone pada area jalur terbang tersebut agar alat ini tetap stabil dan tidak hilang kendali.

Pastikan Tuas Kontrol Dalam Keadaan Tenang

Cara mengambil gambar dengan drone yang berikutnya adalah memastikan bahwa kontrol dalam keadaan tenang. Tuas kontrol yang dapat dikontrol dalam kondisi tenang akan membantu mendapatkan gambar yang lebih halus. Di samping itu, tuas kontrol yang berada dalam kondisi lebih tenang juga akan membantu drone terbang lebih stabil pada saat proses pengambilan gambar.

Pengontrolan tuas remot pada drone agar dalam keadaan tenang ini dapat dibiasakan dengan ara sering melakukan latihan penerbangan. Cobalah untuk menerbangkan drone dengan jalur yang pendek untuk menguji kestabilan dan ketenangan tuas kontrol pada alat ini. Di samping itu, cobalah untuk menerbangkan drone dengan angle yang berbeda-beda untuk menguji ketenangan tuas kontrolnya.

Mempraktikkannya Berulang Kali

Hal terakhir yang perlu dipahami pada cara mengambil gambar dengan drone adalah membiasakan untuk praktik menerbangkan alat ini. Bagi Anda yang masih pemula sebaiknya rutin untuk praktik menerbangkan drone secara rutin agar bisa menguasai alat pengambilan gambar yang satu ini. Rencanakan jalur terbang dengan jarak yang pendek agar proses pengendalian dapat lebih mudah.

Penerbang drone yang sudah profesional juga perlu untuk tetap praktik menerbangkan alat ini agar menemukan angle baru dalam proses pengambilan gambar. Penguasaan banyak angle ini memungkinkan drone dapat mengambil gambar dengan view yang lebih menarik. Pratik menerbangkan drone yang dilakukan secara berulang bertujuan agar Anda dapat menguasai teknik dasar alat ini.

Sudah paham bukan terkait cara mengambil gambar dengan menggunakan drone? Beberapa cara di atas perlu dikuasai agar bisa mengambil gambar dengan view yang menarik dan fokus. Kuasai teknik dasar dalam menerbangkan alat ini agar kontrol drone saat pengambilan gambar dilakukan dengan lebih halus. Pengambilan gambar menggunakan sudut pandang atas dengan menerbangkan drone merupakan teknik yang tepat untuk dikuasai.