Cara Mengatasi Kamera Buram Pada Smarthpone

Ada beberapa cara yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi kamera buram pada smartphone, antara lain adalah sebagai berikut.
Cara Mengatasi Kamera Buram Pada Smarthpone

Cara mengatasi kamera bura pada smartphone – Kamera merupakan salah satu hal penting yang dipertimbangkan saat membeli smartphone. Hal yang dipertimbangkan dalam memilih kamera pada smartphone adalah kejernihannya pada saat digunakan dalam proses pengambilan gambar. Namun, seiring dengan penggunaannya, kamera smartphone bisa rentan mengalami permasaahan.

Salah satu permasalahan pada kamera smartphone yang sudah lama digunakan adalah gambar hasil jepretannya menjadi buram. Kamera yang bermasalah ini juga tidak bisa mengambil gambar secara fokus baik dalam bentuk foto maupun video. Ada beberapa cara yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi kamera buram pada smartphone, antara lain adalah sebagai berikut.

Pakai Selotip Pada Kamera

Cara mengatasi kamera buram pada smartpone yang pertama adalah menggunakan perlengkapan di sekitar Anda, yaitu selotip bening. Hal ini ditujukan agar gambar yang diambil tidak buram lagi dan kamera bisa lebih fokus pada objek. Cara mengatasi buram pada kamera dengan menggunakan selotip bening ini cocok diaplikasikan untuk smartphone jenis lawas.

Pemasangan selotip bening pada kamera smartphone yang buram ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu memotong selotip menjadi satu bagian kecil sesuai ukuran kamera pada smartphone. Setelah itu pastikan bahwa Anda tida menyentuh bagian tengah selotip bening yang akan ditempelkan pada kamera smartphone agar tidak ada debu melekat di sana.

Kesalahan penempelan selotip bening pada cara mengatasi kamera buram untuk smartphone jadul yang satu ini dapat menjadikan hasil jepretan semakin buruk. Apabila selotip yang ditempelkan dalam keadaan kotor, maka kamera smartphone akan semakin buram. Pastikan bahwa selotip bening ditempelkan dengan benar pada kamera smartphone agar tidak menimbulkan masalah baru.

Gunakanlah Hair Dryer

Hair dryer ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengeringkan rambut saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengatasi kamera smartphone yang buram. Cara mengatasi kamera yang buram menggunakan hair dryer terbilang cukup simple, sehingga mudah dipraktikkan di rumah. Hair dryer ini akan membantu membersihkan debu yang kemungkinan menempel pada komponen kamera smartphone.

Salah satu penyebab dari kamera menjadi buram adalah smartphone tersebut pernah terkena cipratan air, sehingga menyebabkannnya berembun. Hal ini bisa diatasi dnegan cara mengeringkan smartphone tersebut menggunakan bantuan hair dyer agar kameranya tida buram lagi. Cara mengatasi kamera buram menggunakan hair dryer yang pertama adalah memastikan bahwa smartphone dalam keadaan mati.

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah melepas baterai smartphone jika tidak menggunakan model tanam. Nyalakan hair dryer dengan suhu yang paling rendah agar nantinya tidak mempunyai pengaruh butuk pada komponen lain di smartphone. Arahkan hair dryer ke bagian kamera smartphone, namun dalam jarak yang tida terlalu dekat agar panasnya tidak berakibat buruk. 

Reset Ulang Pengaturan Kamera

Permasalahan kamera buram juga dapat berasal dari kesalahan dalam pengaturan kamera. Pada permasalahan ini cara mengatasi kamera buram yang terbaik adalah mereset ulang pengaturan kameranya. Pengaturan kamera yang kurang tepat juga akan mempengaruhi kualitas hasil pengambilan gambarnya. Kamera harus diatur dengan tepat agar kualitas gambarnya tetap konsisten dan tidak menurun dengan sendirinya.

Pengaturan kamera yang tidak tepat bisa membuat gambar menjadi buram atau lebih gelap dengan resolusi rendah. Anda perlu mengecek pengaturan kamera terlebih dahulu untuk memastikan ketepatan kualitas yang dipilih. Cara yang bisa dilakakukan untuk mengatasi kamera buram ini adalah dengan mereset ulang pengaturannya.

Cara mengatasi kamera buram pada smartphone dengan mereset ulang pengaturannya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka pengaturan pada smartphone. Selanjutnya pilih aplikasi kamera dan klik pada menu hapus data agar kamera kembali direset seperti pengaturan awal. Langkah yang terahir adalah coba buka kamera untuk memastikan bahwa tampilannya sudah kembali seperti awal.

Membersihkan Kamera Smartphone

Hal pertama yang terintas di pikiran saat tiba-tiba gambar hasil jepretan di smartphone buram adalah kamera smartphone dalam keadaan kotor. Penyebab dari kamera samrtphone kotor ini salah satunya adalah adanya debu yang menempel pada komponen ini. Di samping itu, ada pula kotoran tidak terlihat yang mungkin saja menempel pada kameran smartphone.

Cara mengatasi kamera buram yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya secara berkala. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah matikan smartpone terlebih dahulu. Selanjutnya gosok kamera smartphone dengan perlahan sampai terlihat bersih. Gunakan tisu atau kapas yang berasal dari bahan lembut untuk membersihkan kamera agar tidak menimbulkan goresan pada komponen ini.

Perlengkapan lain yang bisa digunakan untuk membantu membersihkan kamera smartphone agar hasilnya maksimal adalah menggunakan pasta gigi. Cara yang perlu dilakukan cukup mudah, yaitu oleskan sedikit pasta gigi pada kamera smartphone. Selanjutnya gosok kamera menggunakan tisu atau kapas agar sampai pasta gigi hilang dan kamera menjadi jernih kembali.

Melepas Casing Smartphone

Casing tambahan banyak dipilih karena dianggap akan membuat smartphone lebih aman dari resiko tergores. Naun, pamasangan casing smartphone yang sudah dala jangka waktu lama juga bisa menimbulkan permasalahan lain, yaitu membuat kamera kotor dan hasil gambarnya menjadi buam. Cara mangatasi kamera buram ini adalah dengan melepas sementara casing tambahan yang ada di smartphone untuk dibersihkan agar hasil jepretan menjadi jernih kembali.

Hal yang menyebabkan casing tambahan pada smartphone mempengaruhi kualitas gambar pada kamera adalah bahannya kurang berkualitas. Di samping itu, casing yang sudah dalam keadaan tergores dan kotor juga menyebabkan hasil pengambilan gambar menjadi tidak jernih. Cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah mencari pengganti casing smartpone yang baru.

Mengganti Lensa Smartphone

Cara mengatasi kamera buram yang terakhir adalah mengganti lensa pada smartphone tersebut. Penggantian lensa ini perlu dilakukan apabila membersihkan kamera dirasa tidak cukup ampuh untuk mengatasi hasil gambar yang buram. Di samping itu, lensa pada juga perlu diganti apabila kameranya dalam keadaan pecah atau rusak.

Penggantian lensa kamera ini dapat menggunakan bantuan tukang service profesional atau melakukannnya sendiri di rumah. Namun, mengganti lensa kamera di tukang service HP yang profesional jau lebih disarankan agar komponen lain tidak ikut rusak. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti lensa kamera di tempat service smartphone profesional berkisar 200 ribu rupiah.

Mengganti lensa smartphone merupakan salah satu cara mengatasi kamera buram yang terbaik. Cara ini akan membuat tampilan kamera menjadi lebih jernih lagi karena komponennya sudah diganti yang baru. Di samping itu, kualitas gambar yang dihasilan nantinya akan bisa lebih jernih dan fokus.

Cara manakah yang akan Anda pakai dalam mengatai kamera buram pada smartphone? Gunakan cara yang sederhana untuk mengatasi permasalahan ringan pada keburaman kamera smartphone. Apabila kamera buram tidak bisa diatasi sendiri, maka manfaatkan jasa service smartphone.