Cara Membersihkan Chache Di Laptop Secara Praktis

Sebenarnya Cara Membersihkan Chache Di Laptop pada laptop tidaklah sulit yang kalian bayangkan. Dan kalian dapat melakukan hal ini dengan ...
 
Cara Membersihkan Chache Di Laptop Secara Praktis

Cara Membersihkan Chache Di Laptop – Banyak dari kita mendambakan program atau aplikasi yang berjalan pada komputer berjalan dengan mulus dan lancar. Maka tidak heran banyak yang melakukan upgrade memori laptop atau RAM untuk mendapatkan performance seperti ini.

Namun tentunya dengan upgrade RAM ini, akan memakan banyak biaya dan tidak semua orang memiliki dana lebih untuk melakukan hal tersebut. Akhirnya banyak yang menggunakan faslitas cache pada komputer sebagai solusi untuk mempercepat beberapa aplikasi. 

Cache ini sendiri merupakan serangkaian proses pada sebuah aplikasi untuk menyimpan beberapa data yang sering digunakan. Sehingga saat program aplikasi berjalan kedua atau ketiga kalinya, maka program bisa berjalan lebih cepat. Namun jumlah cache yang terus menumpuk juga menjadi masalah. Sehingga kalian perlu belajar tentang Cara Membersihkan Chache Di Laptop secara otodidak.

Jumlah cache dalam waktu tertentu dapat mengurangi kapasitas penyimpanan pada hardisk. Oleh karena itu dalam waktu tertentu, cache harus dibersihkan agar tidak membuat komputer menjadi lambat. Dan berikut ini beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk membersihkan cache pada laptop.

Cara Membersihkan Cache Laptop Sendiri

Sebenarnya Cara Membersihkan Chache Di Laptop pada laptop tidaklah sulit yang kalian bayangkan. Dan kalian dapat melakukan hal pembersihan ini secara terus menerus setiap kali laptop lemot, lambat atau hang. Namun fakta dilapangan cara-cara yang mudah untuk menghapus cache tidak semua orang mengetahuinya dan bahkan tidak banyak dari mereka merasa kesulitan. 

Maka cara berikut ini dapat memudahkan kalian dalam menghapus file cache, khususnya bagi kalian pengguna sistem operasi window 7, 8 dan 10 hingga saat ini. 

Cara Membersihkan Chache Di Laptop Melalui Folder Temp

Pada sistem operasi windows, cache sendiri diberi nama sebagai temporary file dan dikelompokan khusus pada sebuah folder yang bernama temp. Di folder temp inilah semua file seperti history, cookies, pengaturan aplikasi dan catatan aktivitas aplikasi tersimpan. Adapun Cara Membersihkan Chache Di Laptop bisa melalui folder temp.

Caranya cukup mencari folder bernama temp dan menghapus semua isi yang terkadung dalam folder tersebut. Jangan heran jika ukuran folder temp ini cukup besar, karena menyimpan semua cache dari aplikasi yang ada di sistem operasi.

Adapun Cara Membersihkan Chache Di Laptop untuk menghapus cache melalui folder temp sebagai berikut.

  • Pertama, kalian menekan tombol Windows bersamaan dengan menekan huruf R pada keyboard komputer. Dengan cara ini kalian akan menjalankan program RUN. 
  • Kemudian saat jendela program RUN telah terbuka silahkan ketikan “run” kemudian tekan enter atau pilih tombol OK.
  • Jika terdapat pertanyaan untuk terkait akses atau permission untuk mengakses folder temp, silahkan klik “Continue”
  • Tunggu sampai folder temp terbuka sampai selesai, setidaknya proses Ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyiapkan isi dari folder temp. 
  • Setelah folder temp terbuka, blok semua file yang ada pada folder tersebut dengan kombinasi CTRL + A pada kebyoard komputer.
  • Lalu lanjutkan dengan menekan tombol delete pada keyboard kalian.
  • Cara lainnya adalah dengan klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih delete. 
  • Kemudian Ceklist pada kotak sebelah tulisan “Do this for all curents items” dan tekan tombol “Continue”. 
  • Tunggu sampai proses delete folder temp selesai. Lama waktu untuk menghapus isi folder tergantung besar file pada folder tersebut.
  • Sampai disini kalian belum bisa bersantai, karena harus menghapus file cache satu lagi.
  • Caranya buka kembali program RUN, ketikan %temp% kemudian OK. 
  • Dan hapus semua file yang telihat pada folder tesebut dengan cara yang sama dengan cara yang sebelumnya. 
  • Setelah dua langkah diatas selesai, silahkan lanjutkan dengan restart komputer untuk mendapatkan hasil yang berbeda. 
  • Cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengatasi laptop lambat dan sering hang.

Cara Membersihkan Chache Di Laptop Memakai Disk Cleanup

Bagi kalian yang bukan termasuk orang-orang yang cukup ahli dalam bidang komputer, pastinya akan sedikit merasa kebigungan tentang Cara Membersihkan Chache Di Laptop jika mengikuti cara pertama. Mungkin salah satu faktornya karena kalian tipe pengguna yang lebih suka menyelesaikan masalah lewat bantuan aplikasi. 

Untuk menjawab kebutuhan kalian tersebut, windows sendiri telah menyediakan sebuah software bawaan yang bernama Disk Cleanup. Program ini sudah menjadi faslitas bawaan windows sehingga kalian hanya perlu untuk membuka dan mengoperasikan program tersebut dengan benar.

Cara Membersihkan Chache Di Laptop Dengan Disk Cleanup ini cukup ampuh untuk membantu untuk membersihkan semua junk file pada drive local komputer serta dapat digunakan untuk menghapus file temporary atau temp.

  • Pertama, pastikan kalian telah membuka windows explore (Windows + E). Kemudian klik kanan pada salah satu drive yang ingin dibersihkan semisal Drive C, kemudian pilih propertis.
  • Kemudian saat kalian sudah berada pada tab General klik Disk Cleanup. Tunggu sampai aplikasi selesai melakukan kalkukasi jumlah folder dan file serta membuka jendela disk cleanup for C.
  • Karena pada kasus ini kalian ingin menghapus seluruh data temp maka silahkan centang pada tulisan “Temporary Files“ dan Centang juga “Recycle Bin” jika ingin menghapus semua file sampah pada komputer kalian.
  • Setelah itu kalian lanjutkan dengan klik OK,  dan klik lagi tombol  “Delete File” tunggu sampai proses pembersihannya selesai. 
  • Terakhir restart laptop atau komputer kalian agar data merasakan perubahan atau perbedaan pada performance komputer.
  • Lakukan hal yang sama pada local drive A,B ,E yang kalian miliki.

Cara Membersihkan Chache Di Laptop Memakai CCleaner

Sebenarnya dengan dua Cara Membersihkan Chache Di Laptop diatas, semua cache pada folder temp dapat terhapus sampai habis. Namun memang ada sebagian pengguna yang lebih suka menyelesaikan masalah ini cukup dengan menekan satu tombol ajaib. Mungkin kalian juga salah satunya.

Sofware yang dapat melakukan hal ini kita sebuat saja CCleaner. CCleaner merupakan aplikasi favorite banyak pengguna, pasalnya selain menawarkan desain yang cukup menyejukan mata dan hasil kerja yang cukup maksimal dapat juga untuk menghapus temporary file atau cache.

Cara Membersihkan Chache Di Laptop Dengan Aplikasi CCleaner ini cukup mudah bagi pengguna. Karena CCleaner sendiri telah dilengkapi dengan fitur untuk menghapus file Registry, Data cache browser, uninstall beberapa aplikasi atau game. Terlebih lagi kalian dapat memilih untuk membersihkan program tertentu sesuai selera. Tentu saja cara ini tentu lebih cepat dan hemat waktu.

Langsung saja kalian ikuti beberapa langkah berikut dan pastikan melakukanya secara berurutan.

  • Cara Membersihkan Chache Di Laptop  Pertama dengan menginstall aplikasi CCleaner pada komputer. Mengenai tempat download dan cara install CCleaner dapat  kalian temukan lewat internet.
  • Buka aplikasi CCleaner pada komputer kalian dan masuk menu Cleaner
  • Terdepat beberapa  opsi dan menu yang tersedia. Namun tugas kalian hanya cukup  menekan satu tombol ajaib “Run Cleaner” untuk membersihkan semua permasalahan cache.
  • Dengan hanya menekan satu tombol ajaib diatas, kalian tinggal menyerahkan semua sisa pekerjaan pada aplikasi CCleaner. Semua file dari temp, registry dan temporary file yang sekiranya tidak berguna, akan dibersihkan secara otomatis.
  • Silahkan restart kembali laptop kalian untuk melihat hasil perubahan yang terjadi.

Penggunaan aplikasi CCleaner ini tidak hanya sebatas itu, kalian bisa coba otak atik lagi beberapa menu yang dapat membantu untuk meningkatkan kecepatan komputer.

Cara Membersihkan Chache Di Laptop Aktifkan Storage Sense

Cara terakhir terkait Cara Membersihkan Chache Di Laptop ini khusus bagi kalian pengguna windows 10. Dalam sistem operasi tersebut terdapat sebuah fitur bernama Storage Sense. Fungsi utama dari fitur ini untuk mengatur cache laptop agar dioptimalisasi secara otomatis oleh Windows.

Aktikan fitur ini setelah kalian membersihkan semua cache pada folder temp dengan menggunakan 3 cara yang telah dijelaskan panjang lebar sebelumnya. Dan berikut cara mengaktifkan Storage Sense.

  • Pada tulisan “Type here To search” milik Windows 10 ketikan  “ Storage Sense “  lalu buka dengan cara tekan enter.
  • Dan hidupkan Storage Sense dengan mengubah dari tulisan (Off)  ke (On) dan tutup aplikasi jika sudah selesai.
  • Sampai disini silahkan restart kembali laptop kalian, dan rasakan perbedaan yang terjadi setelah dan sebelum melakukan beberapa langkah praktis diatas.

Kesimpulan Akhir

Dengan membaca dan mempraktikan Cara Membersihkan Chache Di Laptop Secara Praktis sesuai panduan diatas, kalian dapat membuat kinerja laptop atau komputer menjadi lebih cepat. Lakukan hal ini secara rutin setiap satu atau dua minggu sekali untuk mendapatkan kecepatan komputer dan mengatasi hang pada aplikasi pada sistem operasi.