7 Keajaiban Investasi Saham

7 Keajaiban Investasi Saham - Di kesempatan yang lalu saya sudah pernah bercerita tentang menabung, tentang beberapa jenis tabungan yang harus kita ..
7 Keajaiban Investasi Saham

7 Keajaiban Investasi Saham - Di kesempatan yang lalu saya sudah pernah bercerita tentang menabung, tentang beberapa jenis tabungan yang harus kita punya.

Pertanyaan yang mungkn timbul dari temen-temen semua tentang menabung adalah kita harus menabung di instrumen apa? Karena kalau menabung, selain kita ingin uang kita berada di tempat yang aman kita juga ingin uang kita bisa grow dan bertumbuh.

Beberapa diantaranya, kita bisa mulai menabung di reksadana dan saham. Tapi di artikel kali ini saya akan mengkhususkan diri membahas lebih dalam mengenai saham dan kali ini saya akan membahas 7 keajaiban investasi saham.

Daftar Isi

Jadi buat kamu yang belum pernah tahu atau pernah masuk kedalam pasar saham dan ingin lebih tahu tentang saham, ini adalah informasi yang sangat berguna buat kamu. Jadi pastikan kamu baca sampai habis ya.

Tokoh di dunia saham yang paling dikenal dan disegani adalah Warren buffet. Warren Buffet sudah mulai menabung saham sejak umur 11 tahun, hingga akhirnya ia bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Uniknya, Warren Buffet kaya tapi ia nggak pernah mendirikan perusahaan dari 0. Ia kaya dari menjadi investor saham.

7 Keajaiban Investasi Saham

Keajaiban Investasi Saham Dengan Modal Kecil

Keajaiban Investasi Saham yang pertama, temen-temen bisa mulai melakukannya dengan modal kecil. Bahkan temen-temen bisa mulai hanya dari, Rp.100.000 saja. Misalnya saham Bank Jatim dengan emiten BJTM, berada di angka Rp.680 per lembarnya.

Jadi dengan Rp,68.000 saja kamu sudah bisa membeli saham bank JATIM atau saham Pakuwon Jati, PWON yang bisa kamu beli hanya dengan 54.000 rupiah aja. Ini harga pada saat artikel ini dibuat ya guys. Sementara mungkin kamu belum bisa beli rumah dari Pakuwon, kamu bisa beli perusahaannya dulu.

Lain kali kamu lewat depan KoKas, kamu bisa bilang ke temen-temen mall ini punya saya loh. Karena ya memang dengan membeli sahamnya, secara tidak langsung kamu bisa jadi bagian dari pemilik perusahaan.

Wah, ternyata untuk berinvestasi di saham kita nggak perlu modal yang besar-besar banget. Mulai dengan modal kecil juga bisa.

Nilai Aset Terus Bertumbuh

Keajaiban Investasi Saham yang ke 2, Nilai Aset Terus Bertumbuh. Bandingkan kalau kamu menabung di bank, dalam jangka waktu 10 tahun Rp.100.000 mu itu jadi apa? Rp.100.000 mu mungkin akan habis dengan biaya administrasi dan lain-lain.

Terus kemudian, kalau kamu menabung di bawah bantal palingan Rp.100.000 mu itu habis dimakan kutu. Lebih parahnya lagi kalau Rp.100.000 nya kamu simpan di kantong, yang pasti habis dibelanjakan barang yang nggak-nggak.

Jika pada 2008 kamu menabung di saham BCA dengan emiten BBCA. Maka pada tahun 2020, nilai asetmu sudah bertumbuh sebesar 1000%. Mindblowing banget ya temen-temen. Nyesel banget dulu saya tahun 2008 belum kenal yang namanya saham. Coba saya waktu itu beli senilai 1.000.000, nilai aset saya sekarang sudah menjadi sekitar 10 juta tanpa perlu bekerja keras.

Biarkan para direksi dan pegawai bank BCA bekerja keras untuk mengelola investasi saya pada BCA. Tapi sayang, gaji saya waktu itu saya belikan barang-barang yang nggak jelas seperti asesoris kamera, tas, ipod, dll. Yang mana semua barang itu sekarang sudah jadi sampah digudang.

Jaman dulu belum ada konten-konten seperti ini, youtube isinya cuma ngeprank in kucing aja. Bahkan android aja mungkin belum ada. Yaah udah terlambat donk pak gerbongnya? Nggak terlambat kok, masih banyak perusahaan dengan valuasi murah seperti BCA 10 tahun yang lalu dan sejarah pun akan terulang.

Makanya, yang kaya makin kaya karena tahu informasi sederhana ini. Yang miskin akan makin miskin karena nggak mengira 100.000 mereka akan menghasilkan financial power yang begitu dashyat di masa depan. Asalkan kita memilih instrumen yang tepat.

Investor Saham Masih Sedikit

Keajaiban Investasi Saham yang ketiga adalah: Investor Saham di Indonesia masih sangat amat sedikit sekali. Jumlah penduduk produktif di Indonesia itu sebesar 189 juta dan jumlah investor saham di Indonesia, hanya 4,16 juta saja, maka rasionya hanya sekitar 2,2 persen. Ini sangat kecil sekali Dibandingkan negara maju seperti Amerika sebesar 55%, Singapura 26% Bahkan Malaysia saja 9% lo.

Nah makanya, berdasarkan data diatas. Kita belum ketinggalan gerbongnya kok. tapi Iibarat penerbangan, ini final call ya guys atau sudah panggilan terakhir.

Bayangkan ketika jumlah penduduk indonesia makin banyak yang masuk ke pasar saham, bertambah menjadi 4% aja deh. Harga saham dan IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan udah pasti terbang guys. 4% itu masih jauh lebih kecil lo dibandingkan dengan persentase investor retail di negara-negara lain.

Atas alasan inilah, banyak investor asing yang menganggap harga saham di indonesia ini masih sangat amat murah dibandingkan dengan saham perusahaan di negara asal nya. Jadi jangan ketinggalan gerbongnya guys.

Transaksi Bisa Dilakukan Dimanapun

Keajaiban Investasi Saham yang ke 4. Transaksi bisa dilakukan dari manapun. Kalau temen-temen masih ingat dengan formula Moneytree saya di artikel yang berjudul Pohon Uang. Disitu saya menyampaikan, pekerjaan masa depan adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di manapun.

Nah, kalau kamu menjadi investor saham, atau trader saham kamu bisa melakukannya dimanapun bahkan sambil rebahan, tidur-tiduran di sofa atau sambil masak, itu bisa kamu lakukan. Asalkan kamu punya koneksi internet.

Potensi Keuntungan Puluhan Persen

Keajaiban Investasi Saham yang ke 5, Potensi keuntungan puluhan persen dalam semalam. Nikmatnya dari investasi saham adalah kamu bisa merasakan profit puluhan persen dalam semalam. Makanya dimasa krisis itu adalah masa yang dinantikan oleh para investor saham, bahkan mereka sudah punya 1 tabungan khusus yang digunakan untuk mengkulak saham-saham murah di masa krisis. Makanya yang kaya makin kaya.

Dan kabar baiknya, Jadi kaya dalam waktu singkat di dunia saham itu sangat possible. Sangat dimungkinkan dan mungkin kamu adalah orang yang berikutnya. Syaratnya kamu harus menguasai skillset nya dulu. Seperti kemampuan membaca situasi geopolitis, rumor yang beredar, membaca laporan keuangan, melihat candlestick dan beberapa indikator lainnya.

Mendapat Deviden

Keajaiban Investasi Saham yang ke 6 adalah mendapatkan deviden. Karena kita ini adalah bagian dari pemilik perusahaan, kita juga berhak dengan pembagian deviden. Yaitu pembagian laba dari hasil yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan.

Jadi selain mendapatkan pendapatan dari capital gain, kalau kita menjual saham tersebut kita juga bisa mendapatkan passive income dari deviden. Bahkan saya punya temen yang setiap tahun membeli 2 motor karena mendapatkan hasil dari deviden.

Aman Dan Bebas Sengketa

Keajaiban Investasi Saham yang ke 7. Investasi saham aman dan bebas sengketa. Beda dengan properti yang kental dengan legal. Tidak mudah dijual belikan dan tidak liquid. Juga kalau kita jual, akan melibatkan banyak pihak seperti agent properti, notaris, pembeli, penjual belum lagi kalau objek propertinya ternyata waris. Maka kita perlu mendatangkan para ahli waris, sebelum kita melakukan akad jual beli.

Sementara saham, kalau kita mau melakukan transaksi jual beli saham, tinggal buka aplikasi kita. Kita tinggal lakukan beberapa sentuhan dengan jempol. Pilih emiten yang mau kita jual atau beli. Dan semuanya hanya dalam hitungan detik ataupun menit.

Itu dia 7 keajaiban investasi saham. Yang penting sisihkan sebagian pendapatan untuk menabung saham. Jangan ulangi kesalahan saya yang dulu, gaji saya yang dulu, saya habiskan untuk beli barang yang tidak tidak. Hingga akhirnya hanya menjadi sampah di gudang. Coba 10 tahun yang lalu saya rajin menabung saham BCA, ya mungkin saya sudah jadi crazy rich sekarang.

Rangkuman 7 Keajaiban Investasi Saham

Berikut saya rangkum 7 Keajaiban Investasi Saham untuk memudahkan kalian dalam mengingat:

  1. Keajaiban Investasi Saham Dengan Modal Kecil
  2. Nilai Aset Terus Bertumbuh
  3. Investor Saham Masih Sedikit
  4. Transaksi Bisa Dilakukan Dimanapun
  5. Potensi Keuntungan Puluhan Persen
  6. Mendapat Deviden
  7. Aman Dan Bebas Sengketa

Terimakasih sudah membaca. Jika kamu mempunyai hal lain tentang keajaiban investasi saham, isi dikolom komentar ya.

Baca Juga: Perbedaan Antara Saham dan Kripto: Memahami Investasi Digital