Cara Menghemat Baterai dan Hal-hal yang Perlu Diperhatian Agar Baterai Awet

Baterai menjadi nafas bagi smartphone. Jika baterai habis, smartphone akan mati dan tidak bisa digunakan lagi. Anda harus ...
 
Cara Menghemat Baterai dan Hal-hal yang Perlu Diperhatian Agar Baterai Awet

Cara Menghemat Baterai dan Hal-hal yang Perlu Diperhatian Agar Baterai Awet – Smartphone sudah menjadi bagian dari hidup orang-orang zaman sekarang. Bagaimana tidak, dari bangun tidur, bekerja, bermain, sampai kembali tidur pun tidak bisa lepas dari smartphone. Nah, saat seperti itu pasti si pemilik ingin mempunyai baterai yang awet.

Baterai menjadi nafas bagi smartphone. Jika baterai habis, smartphone akan mati dan tidak bisa digunakan lagi. Anda harus mengisi ulang baterainya sampai terisi kembali agar bisa menggunakan smartphone tersebut. Nah, bagaimana cara agar baterai bisa lebih bertahan lama dan apa saja yang perlu diperhatikan agar baterai bisa awet?

Hal-hal yang Sangat Memengaruhi Baterai Awet Atau Tidak

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi keawetan baterai, tapi ada tiga hal yang sudah pasti berdampak besar pada konsumsi daya baterai. Meskipun ada banyak tutorial cara menghemat baterai di internet, hasilnya pasti berbeda-beda dari smartphone satu dengan yang lainnya. Karena awetnya baterai bergantung pada tiga hal utama berikut ini :

Kualitas Baterai

Mau tidak mau, kualitas baterai adalah penentu nomer satu untuk hemat atau tidaknya sebuah baterai. Meskipun anda jarang menggunakan smartphone atau sering mematikan jaringan data smartphone, jika baterai smartphone anda berada pada kondisi yang buruk tetap akan membuat daya baterai menjadi boros sekali.

Buruknya kualitas baterai juga memiliki banyak sebab, seperti pernah tercebur air biasanya air laut, sering dimainkan sampai suhu smartphone menjadi panas, memakai charger abal-abal, dan sering terbanting. Jika satu atau beberapa hal tadi sudah terjadi, bisa dipastikan bahwa cara menghemat baterai dengan model apapun akan sedikit sekali dampaknya atau bahkan sia-sia.

Kualitas Mesin Smartphone

Karena smartphone termasuk dalam golongan produk elektronik, sudah dipastikan bahwa smartphone memiliki mesin untuk mendukung kinerjanya. Dan karena itu juga bisa menentukan seberapa banyak konsumsi daya baterai. Bagaimana caranya hal itu dapat terjadi? Kita bisa umpamakan dengan banyaknya tenaga yang harus dikeluarkan oleh orang yang sakit dan orang yang sehat untuk mengangat 5 kg beras. Jika kita perhatikan, siapa yang paling merasa lelah? Sudah pasti orang yang sedang dalam kondisi sakit. 

Nah, itulah yang terjadi jika ada penurunan kualitas mesin pada smartphone. Penurunan kualitas mesin smartphone adalah tanda smartphone sedang sakit. Dan jika dipaksakan untuk melakukan kerja yang dilakukan oleh smartphone sehat, itu pasti akan sangat menguras daya baterai smartphone. Hasilnya adalah seperti saat kualitas baterai yang menurun, yaitu tidak ada cara menghemat baterai yang akan berdampak besar.

Besarnya Kapasitas Baterai

Anggap saja kualitas baterai dan mesin smartphone anda dalam kondisi yang masih prima atau sehat. Dan smartphone anda tidak pernah mengalami hal-hal buruk yang sudah disebutkan di atas. Apakah dengan begitu baterai anda otomatis akan menjadi awet? Belum tentu.

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone 

Setelah mengetahui 3 faktor menentukan awet atau tidaknya sebuah baterai smartphone, saatnya tahu bagaimana cara menghemat baterai smartphone. Nah, inilah cara-cara menghemat baterai smartphone yang sederhana dan tepat.

Turunkan Kecerahan Layar

Anda pasti setuju bahwa tingkat kecerahan pada layar pasti berpengaruh pada ketahanan daya baterai. Nah, karena anda mengetahui ini, lebih baik turunkan kecerahan layar. Jangan terlalu terang agar tidak boros baterai dan juga jangan terlalu gelap agar kesehatan mata terjaga. Intinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Matikan Fitur Kecerahan Otomatis

Apakah anda sadar bahwa di setiap smartphone zaman sekarang memiliki fitur Kecerahan Otomatis? Fitur ini memungkinkan smartphone mengatur kecerahan layar secara otomatis mengikuti seberapa banyak intensitas matahari yang diterima oleh smartphone. Semakin terang cahaya yang diterima oleh smartphone, maka semakin terang juga layar. Hal ini sudah pasti akan menguras daya baterai sangat banyak. Maka dari itu, mematikan fitur ini merupakan salah satu cara menghemat baterai yang ampuh.

Matikan Fitur-fitur yang Sedang Tidak Terpakai

Nah, hal ini yang kadang lupa dilakukan oleh beberapa orang. Fitur-fitur yang biasa masih menyala padahal tidak sedang terpakai adalah fitur Mencari Lokasi, Wifi, Hostspot dan Bluetooth. Keempat fitur ini adalah fitur yang paling sering menyala hampir 24 jam. Ini biasa terjadi karena lupa mematikan setelah digunakan. Kenapa empat fitur ini dapat menguras daya baterai? Anda bisa pikirkan kesamaan dari keempat fitur ini. 

Keempat fitur ini memiliki fitur mencari. Lokasi untuk menentukan posisi tepat kita saat itu. Wifi mencari perangkat yang sedang menyalakan Hostspot dan Wifi Router yang aktif di sekitar. Bluetooth mencari perangkat yang sedang menghidupkan Bluetooth juga. Sedangkan Hostspot mencari sinyal dan Wifi yang hidup di sekitarnya. Mematikan fitur-fitur di atas adalah cara menghemat baterai yang sangat tepat.

Matikan Jaringan Data Seluler Di Tempat yang Sangat Susah Sinyal

Seperti tips di point nomer tiga, fitur-fitur yang bertugas untuk mencari seperti lokasi, Bluetooth, Wifi dan Hostspot adalah fitur yang dapat membuat baterai boros. Hal itu karena fitur-fitur ini memungkinkan smartphone menjadi lebih aktif. Begitu pula juga jaringan data seluler. Dengan menghidupan fitur yang satu ini, membuat smartphone anda menjadi lebih aktif dan menjadi jauh lebih aktif lagi saat berada pada lokasi yang susah mendapatkan sinyal, seperti pedesaan dan pegunungan.

Jangan Biarkan Smartphone Berada Pada Tempat yang Terlalu Dingin

Cara menghemat baterai yang satu ini barangkali belum pernah anda dengar sebelumnya. Selain manusia dan hewan, smartphone juga kurang tahan dengan suhu yang terlalu dingin. Jika anda perhatikan, konsumsi daya baterai menjadi lebih banyak saat berada pada lokasi yang sangat dingin. Karena smartphone juga akan berusaha agar tetap hangat agar cairan di dalam baterai dan mesin di dalamnya tidak membeku dan akhirnya rusak.

Jangan Biarkan Ada Aplikasi yang Hidup Terus Menerus

Senada dengan poin nomer tiga, aplikasi yang menyala terus menerus akan membuat smartphone terus aktif dan bekerja sepanjang aplikasi tersebut aktif. Hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol opsi (biasa bergambar kotak. Ada di sebelah tombol home). Setelah itu lakukan tindakn berupa geser ke atas atau samping kanan atau kiri, sesuai pengaturan masing-masing smartphone. 

Jangan Terlalu Sering Bermain Game yang Berat

Cara menghemat baterai yang terakhir adalah jangan terlalu sering bermain game yang berat. Memang, game bisa menjadi salah satu kebutuhan setelah seharian bersekolah atau bekerja. Tetapi, hal ini tidak disarankan dilakukan terlalu sering. Kenapa? Karena dengan memainkan game yang berat membuat smartphone bekerja lebih berat yang pada akhirnya membuat konsumsi baterai menjadi banyak dan akhirnya menyebabkan baterai menjadi cepat habis. 

Itulah berbagai cara menghemat baterai dan hal-hal yang perlu diperhatian agar baterai menjadi lebih awet. Menghemat baterai adalah hal yang perlu diperhatikan agar smartphone dapat digunakan di saat yang lebih penting.