Cara Membuka Kunci Layar Smartphone dan Mengenal Cara Kerjanya

Layar smartphone yang tidak terkunci dapat menyebabkan sentuhan yang tidak disengaja. Itulah alasan kenapa selain tutorial cara membuka kunci layar ..
 
Cara Membuka Kunci Layar Smartphone dan Mengenal Cara Kerjanya

Cara Membuka Kunci Layar Smartphone dan Mengenal Cara Kerjanya  –  banyak orang termasuk saya sering berkumpul dengan lebih dari satu orang, entah di rumah pribadi atau rumah orang lain. Di saat seperti itu, kita biasanya akan mematikan layar smartphone dan mengatur agar layar smartphone dalam mode terkunci. Kenapa kunci layar diperlukan dan bagaimana membukanya? Artikel ini akan membahas hal tersebut.

3 Alasan Kenapa Layar Smartphone Perlu Dikunci

Sebenarnya, ada banyak alasan kenapa ada fitur layar kunci dan banyak orang memilih untuk mengaktifkan fitur layar kunci ini. Dan jika kita ingat, fitur kunci layar ini sudah ada sejak zaman hp Nokia jadul masih berjaya. Nah, berikut ini ada 5 alasan kenapa hampir semua pemilik smartphone memilih untuk mengaktifkan fitur kunci layar ini.

Mencegah Sentuhan Tidak Sengaja Pada Smartphone

Ya, layar smartphone yang tidak terkunci dapat menyebabkan sentuhan yang tidak disengaja. Itulah alasan kenapa selain tutorial cara membuka kunci layar smartphone juga harus ada tutorial cara mengunci layar smartphone di internet. Karena memang jika ada sentuhan yang tidak disengaja akan membuat menu-menu terbuka dengan sendirinya. Jika hal itu terjadi, dapat berpontensi menghabiskan banyak daya baterai, mengirimkan pesan yang tidak seharusnya dan membuka fitur-fitur yang tidak perlu.

Menjaga Hal-hal yang Konfidensial Di Dalam Smartphone

Mayoritas pemilik smartphone mempunyai file-file yang sifatnya konfidensial atau rahasia dan tidak semua orang harus tahu. File-file tersebut bisa jadi dalam bentuk foto, video, rekaman suara dan dokumen. Ini adalah hak privasi seseorang, maka dari itu fitur kunci layar perlu ada dan diaktifkan. Dengan diaktifkannya fitur kunci layar, seseorang akan kesulitan membuka dan file-file rahasia pun tetap terjaga.

Menghemat Daya Baterai

Senada dengan poin nomer 1, menghemat daya baterai adalah alasan yang masuk akal. Kenapa? Karena dengan mengunci layar smartphone dan otomatis membuat layar dalam mode mati membuat konsumsi daya baterai menjadi berkurang. Informasi ini tentunya tidak kalah penting daripada cara membuka kunci layar smartphone. Karena untuk menampilkan layar, barisan pixel pada layar akan mengambil daya dari baterai, dan hal ini tidak akan terjadi jika layar terkunci serta dalam keadaan mati.

Bagaimana Cara Membuka Kunci Layar Smartphone dan Cara Kerjanya 

Pada zaman dahulu, mengunci dan membuka layar hanya ada satu cara, yaitu dengan menekan tombol bintang atau pagar selama beberapa detik. Tetapi sekarang ada banyak metode untuk membuka dan mengunci layar

Membuka Kunci Layar Dengan Pola

Cara membuka kunci layar smartphone ini termasuk yang paling sering ada pada smartphone. Sepertinya tidak ada smartphone yang tidak memiliki fitur ini. Metode ini selain mengamankan file-file dalam smartphone juga dapat membuat kreatifitas pemilik smartphone terasah. Bagaimana tidak, pemilik smartphone dapat membuat bentuk-bentuk yang unik yang barangkali tidak terpikirkan oleh orang lain.

Membuka Kunci Layar Dengan Pin

Metode buka layar dengan menggunakan pin juga tidak kalah aman. Metode pin mengijinkan pemilik smartphone untuk membuat layar terbuka dengan kombinasi angka, dan minimal jumlah angka yang diperbolehkan adalah 4 digit. Saat menggunakan metode pin, lebih baik jangan gunakan kombinasi angka-angka yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, tanggal pernikahan, tanggal jadian, tanggal naik jabatan atau hal lainnya yang dapat ditebak oleh orang lain.

Membuka Kunci Layar Dengan Sandi

Hampir sama dengan metode pin, cara membuka kunci layar smartphone dengan sandi juga menggunakan kombinasi sebuah karakter pada keyboard. Sandi minimal terdiri dari 8 huruf. Dan metode sandi ini sangat sensitif dengan huruf besar dan kecil. Beberapa smartphone mengijinkan sandi dengan kombinasi huruf, angka dan beberapa tanda baca untuk meningkatkan keamanan pada layar smartphone. Seperti pin, pastikan kombinasi sandi anda tidak memuat kata, kalimat atau nama yang diketahui banyak orang seperti nama istri, suami dan lainnya.

Pemindai Wajah Atau Face Recognition

Sesuai namanya, fitur ini membuka kunci layar dengan cara memindai wajah yang dipindai. Metode ini adalah perkembangan teknologi yang modern. Dengan metode ini, hanya muka pemilik dan orang yang pemilik izinkan saja yang dapat membuka layar. Fitur ini pertama hadir dan diperkenalkan pada Android Ice Cream Sandwich dan memanfaatkan kamera depan serta pencahayaan yang memadai. Jadi, fitur ini tidak akan berfungsi pada ruangan gelap.

Cara membuka kunci layar smartphone yang satu ini memanfaatkan teknologi AI untuk mengenali muka anda. Jadi, saat anda mendaftarkan muka anda saat rambut anda panjang, muka anda akan tetap terdeteksi meskipun dalam keadaan tanpa rambut. Hal ini bisa terjadi karena teknologi AI yang diadaptasi oleh fitur Face Recognition memanfaatkan baseline pada wajah anda untuk memindai dan mengenali wajah anda. Selain itu juga membedakan antara wajah anda dan wajah orang lain.

Fingerprint Atau Sidik Jari

Sesuai namanya, fitur ini memanfaatkan sidik jari atau fingerprint anda sebagai dasar smartphone anda untuk memilih agar membuka kunci layar atau tidak. Hampir semua orang memiliki sidik jari dan sidik jari setiap orang berbeda-beda, bahkan jika mereka ada seorang kembar identik sekalipun. 

Jadi, jika anda memiliki saudara kembar, anda tidak perlu takut kalau-kalau saudara kembar anda mencoba membuka layar smartphone anda dengan cara membuka kunci layar smartphone ini menggunakan sidik jarinya. Itu tidak akan berhasil kecuali sidik jarinya juga terdaftar pada smartphone anda. 

Iris Scanner Atau Pemindai Iris

Pernahkah anda mendengar istilah iris? Iris adalah salah satu bagian di dalam mata. Dan bagian iris memiliki fungsi untuk memberi warna pada mata dan mengatur ukuran besar dan kecilnya pupil. Nah, dengan fitur iri scanner membuat anda dapat membuka kunci layar dengan mata anda. Caranya adalah dengan mengarahkan kamera depan menghadap mata anda. Dan seperti face recognition, iris scanner membutuhkan pencahayaan yang cukup untuk dapat memindai dan mengenali iris mata anda.

Membuka Kunci Layar Dengan Cara Mengusap

Cara membuka kunci layar smartphone yang ini memiliki tingkat keamanan paling rendah. Cara ini seperti membuka pintu sebuah rumah yang hanya ditutup rapat tapi tidak terkunci. Meskipun begitu, metode ini juga termasuk salah satu cara mengunci layar karena sebelum diusap, anda tidak bisa menggunakan fitur-fitur yang ada pada smartphone anda. Anda perlu menekan tombol power terlebih dahulu dan mengusap layar, entah ke kanan, ke kiri atau ke atas sesuai pengaturan smartphone anda, baru setelah itu anda dapat menikmati semua fitur dan aplikasi yang ada pada smartphone anda.

Smart Lock

Smart lock memungkinkan smartphone anda membuka kunci layarnya secara otomatis di tempat yang aman dan anda percaya atau saat smartphone anda berada di dekat perangkat yang anda daftarkan. Anda perlu menambahkan lokasi yang sekiranya adalah tempat yang aman bagi smartphone anda saat dalam keadaan tidak terkunci. Begitu juga perangkat yang didekat smartphone anda, perlu didaftarkan juga agar smartphone anda unlock secara otomatis.

Itulah macam-macam alasan, cara membuka kunci layar smartphone beserta cara kerjanya. Hal ini perlu selain untuk menambah pengetahuan juga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.