Cara Mengunggah Video ke Youtube Melalui Komputer atau PC

Selain mempergunakan smartphone, Anda juga dapat mengunggah video ke platform Youtube melalui perangkat komputer yang Anda miliki. Hal ini justru ...
 
Cara Mengunggah Video ke Youtube Melalui Komputer atau PC

Cara Mengunggah Video ke Youtube Melalui Komputer atau PC - Youtube merupakan platform yang tengah digandrungi saat ini. Bukan hanya karena berisikan banyak konten audio dan video dari berbagai negara, tetapi juga bisa menjadi media yang menghasilkan bagi penggunanya.

Tidak heran jika kini banyak yang berbondong-bondong menjadi Youtuber. Mulai dari kalangan publik figur hingga orang biasa. Berbekal konten video unik dan menarik, Anda bisa meraih pundi-pundi uang dari sana.

Cara Mengunggah Video ke Youtube Lewat Komputer Pribadi

Selain mempergunakan smartphone, Anda juga dapat mengunggah video ke platform Youtube melalui perangkat komputer yang Anda miliki. Hal ini justru lebih disarankan, sebab Anda dapat mengedit video dengan maksimal terlebih dahulu sebelum proses pengunggahan. Bagi Anda yang belum memahami caranya, berikut ini kami hadirkan cara mengunggah video ke Youtube melalui komputer pribadi.

Sebelum mengunggah video, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki email aktif dari Google (gmail). Apabila sudah memiliki akun gmail maka siap untuk mengungah video dengan cara berikut:

  • Cara mengunggah video ke Youtube yang pertama dan harus Anda ikuti ialah kunjungi laman Youtube melalui browser Anda, lanjutkan dengan klik ikon unggah (upload) di sudut kanan atas pada home Youtube
  • Log in menggunakan alamat email juga kata kunci atau password, lanjutkan dengan tekan Next
  • Agar dapat mengupload video di Youtube, Anda harus memiliki chanel atau saluran. Jadi tahapan cara mengunggah video ke Youtube selanjutnya yaitu lanjutkan dengan tekan create chanel
  • Langkah selanjutnya yaitu menekan tombol select file to upload yang bertujuan untuk mengambil video yang akan Anda unggah dari komputer 
  • Temukan file video yang akan diunggah, kemudian tekan open. Anda tinggal menunggu proses pengunggahan selesai, maka konten tersebut siap publish dan tahap-tahap dari cara mengunggah video ke Youtube dari komputer yang Anda jalankan telah selesai dilakukan.

Ketika siap mengunggah video ke Youtube chanel Anda, akan muncul halaman untuk mengisi informasi dasar tentang unggahan di tempat pengunggahan video. Jika tujuan Anda membuat Youtube chanel untuk bisa mendapat penghasilan dari program google adsense, maka pastikan video Anda menarik, bermanfaat dan juga berkualitas.

Informasi Dasar Yang Harus Ada Dalam Video

Isi informasi dasar yang terkait dengan video Anda semenarik mungkin, agar dapat menarik minat pengguna untuk membuka dan menambah subscriber Anda. Hal ini juga masih betkaitan dengan cara mengunggah video ke Youtube yang Anda terapkan. Sebab, dengan membuat konten video unik dan menarik Anda akan lebih percaya diri untuk mempublikasikannya. Berikut informasi dasar yang harus diisi pada halaman upload yang akan Anda temukan:

  1. Hasil tampilan video yang sudah Anda unggah.
  2. Progress dari proses pengunggahan, cepat-lambat proses pengunggahan tergantung pada koneksi internet, ukuran file yang diunggah dan juga spesifikasi perangkat komputer atau laptop yang Anda pergunakan. Dalam cara mengunggah video ke Youtube selama menunggu proses ini berjalan, dapa Anda gunakan untuk mengisi informasi dasar.
  3. Kolom tempat Anda memberi judul yang menarik bagi video yang diunggah.
  4. Kolom keterangan yang mendeskripsikan secara singkat dan jelas konten video yang diunggah. Setelah mengikuti tahapan cara mengunggah video ke Youtube, informasi ini juga menjadi poin penting dalam penggunggahan konten video ke laman Youtube yang harus Anda perhatikan.
  5. URL video setelah selesai diunggah sepenuhnya, copy link tersebut untuk coba mengakses video yang telah diunggah.
  6. Kolom tag.
  7. Tombol publish yang menjadi langkah akhir dari cara mengunggah video ke Youtube melalui komputer pribadi atau PC. Dengan menekan tombol tersebut, maka video Anda sudah terpublikasi dan bisa dinikmati dari berbagai tempat di belahan bumi ini.

Namun jika Anda ingin video tersebut hanya dapat ditonton oleh Anda dan orang-orang yang Anda beri link maka klik unlisted pada pengaturan privasi. Sementara jika video tersebut memang hanya untuk konsumsi pribadi atau Anda sendiri maka pilihlan private di pengaturan privasi.

Cara mengunggah video ke Youtube melalui komputer (PC) memang tidak bisa dilakukan di mana saja layaknya pengunggahan melalui smartphone Anda. Namun, hasil video akan lebih maksimal karena dapat diedit dengan aplikasi dan teknik yang lebih profesional. Terlebih jika mennggunakan teknik pengeditan video kualitas tinggi dengan didukung software yang memang andal.

Agar proses pengunggahan berjalan cepat, pastikan bahwa jaringan internet yang terhubung dengan komputer stabil dan bagus. Gunakan pula komputer dengan spesifikasi yang menunjang dan memadai untuk aktivitas ini. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan ini.

Cara Mengunggah Video ke Youtube dengan Kualitas Tinggi

Banyak Youtuber pemula yang rajin membuat konten dengan tema menarik tetapi belum bisa mendongkrak subscriber karena kualitas video yang diunggah belum cukup baik. Hal ini tentu tidak lepas dari skill editing yang mereka aplikasikan. Berikut ini akan kami hadirkan cara mengunggah video ke Youtube agar hasil video yang Anda publikasikan berkualitas tinggi dan juga memuaskan.

Bagi para pemula kami sarankan untuk menggunakan software Filmora dalam proses editing video miliknya. Sebab, software ini terbilang mudah digunakan oleh pemula serta memiliki banyak fitur di dalamnya. Berikut ini cara meningkatkan kualitas video yang akan diunggah ke laman Youtube yang bisa Anda terapkan.

  1. Langkah pertama cara mengunggah video ke Youtube dengan hasil yang berkualitas yang harus Anda lakukan yaitu cari tahu besaran bitrate dari video atau rekaman asli yang belum diedit. Anda dapat klik kanan videonya, pilih properties, kemudian lanjutkan dengan details. Anda dapat melihat bitrate pada deskripsi file, sebuah video akan buruk kualitasnya seperti buram ketika bitratenya semakin diperkecil. Untuk itulah Anda harus tahu bitrate asli agar dapat dijadikan patokan bitrate usai pengeditan.
  2. Langkah peningkatan kualitas video berikutnya adalah export video di software Filmora. Silahkan Anda tekan tombol export, lalu pada kolom jenis file export pilihlah MP4 dan lanjutkan dengan klik tombol setting.
  3. Pastikan bahwa ukuran resolusi juga FPS sama dengan ukuran pada video asli. Di bagian bitrate, Anda juga harus menyamakan dengan video aslinya, misalkan bitrate video asli 28Mbps, maka setting bitrate yang bisa Anda gunakan adalah 20k atau 30k kbps. Ikuti cara mengunggah video ke Youtube dengan teknik editing peningkatan kualitas ini, maka dijamin konten video Anda akan lebih berkualitas dan lebih mudah menambah subscriber juga pundi-pundi.

Teknologi merupakan sarana pemenuhan kebutuhan yang diperlukan manusia demi kenyamanan serta keberlangsungan hidupnya. Dengan semakin majunya teknologi, segala hal akan lebih mudah tetapi juga dengan mudah menimbulkan masalah. Dalam hal ini kita berbicara mengenai teknologi informasi yang bernama Youtube, jangan karena ingin mengupulkan pundi-pundi lantas Anda membuat konten yang menuai kontroversi.

Pergunakan teknologi dan kemajuannya dengan bijak dan bertanggung jawab. Sebuah karya akan dihargai karena kualitasnya bukan dari sensasinya. Untuk bisa menghasilkan pendapatan dari Youtube seperti yang Anda harapkan, maka buatlah konten yang menarik juga bermanfaat serta tunjukkan kualitas terbaik konten Anda dengan mengikuti cara mengunggah video ke Youtube beserta teknik editingnya, agar dapat membantu meningkatkan kualitas konten karya Anda.