Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Kabel Maupun Aplikasi

... yang ada dalam sebuah aplikasi. Agar lebih mudah memahami cara menyambungkan hp ke tv, berikut kami rangkumkan informasi langkah-langkah yang ..
Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Kabel Maupun Aplikasi
Anda juga bisa menghubungkan smartphone dengan layar televisi baik dengan bantuan kabel atau perangkat tambahan maupun dengan support fitur dari aplikasi. Ingin tahu caranya? Mari ikuti penjelasan di bawah ini!

Seiring teknologi yang kian maju dan berkembang, kini untuk bisa menonton film atau serial drama favorit Anda sudah bisa diakses melalui smartphone di mana saja dan kapan saja. Beragam platform video sudah tersedia dan dapat diunduh di play store secara gratis untuk menuyuguhkan beragam film juga drama yang tengah hits seperti drama korea yang menjadi buruan kaum remaja bahkan para ibu muda.  Mulai dari platform Youtube, Netflix dan beberapa platform video populer lainnya.

Meski terbilang praktis karena bisa dilakukan di mana saja, tetapi menonton film di layar hp terasa kurang puas karena ukuran layar yang terbatas. Sebagai solusi atas keluhan ini, kini Anda juga bisa menghubungkan smartphone dengan layar televisi baik dengan bantuan kabel atau perangkat tambahan maupun dengan support fitur dari aplikasi. Ingin tahu caranya? Mari ikuti penjelasan di bawah ini!

Pilihan Cara Menyambungkan HP ke TV

Untuk bisa menghubungkan antara hp dengan televisi, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan perangkat tambahan atau bisa juga dengan menggunakan fitur yang ada dalam sebuah aplikasi. Agar lebih mudah memahami cara menyambungkan hp ke tv, berikut kami rangkumkan informasi langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Menggunakan Kabel HDMI

Cara pertama yang bisa Anda coba yakni dengan memanfaatkan bantuan perangkat tambahan yaitu kabel HDMI. Dengan cara ini, berarti Anda tidak membutuhkan dukungan aplikasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah port kabel yang tersedia pada smartphone Anda.

Terdapat dua jenis kabel yang bisa Anda pergunakan, yaitu kabel MHL yang tersambung dengan micro USB ke HDMI dan kabel micro HDMI ke HDMI. Anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah atau tahapan cara menyambungkan hp ke tv sebagai berikut.

  • Pertama, matikan atau non aktifkan televisi Anda menggunakan tombol 'power' yang ada pada remote tv
  • Tancapkan ujung kabel yang pipih ke hp, sedangkan ujung lainnya sambungkan dengan port HDMI yang terdapat pada tv sebagai inti dari cara menyambungkan hp ke tv
  • Nyalakan atau aktifkan kembali tv Anda dan alihkan ke mode HDMI, dengan begitu Anda akan menerima notifikasi dalam hp dimana Anda harus memilih 'HDMI connection'
  • Periksa layar tv Anda, apakah sudah menampilkan tampilan yang sama dengan hp Anda. Jika sudah, artinya cara menyambungkan hp ke tv dengan kabel HDMI yang Anda lakukan sudah berhasil dan sudah bisa dipergunakan sesuai kebutuhan juga keinginan

Menggunakan Dukungan Aplikasi

Cara berikutnya yang bisa Anda coba untuk menyambungkan tv dengan hp adalah dengan mempergunakan aplikasi. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa hp atau smartphone Anda memiliki fitur Miracast atau yang biasa disebut juga dengan Wireless. Sementara untuk perangkat tv, jika tidak memiliki fitur tersebut dapat diakali dengan menggunakan perangkat tambahan yakni Miracast Dongle.

Cara menyambungkan hp ke tv ini akan berbeda penerapannya pada setiap merk tv yang berbeda pula. Agar lebih memudahkan Anda, di bawah ini kami sediakan ulasan untuk beberapa merk tv yang cukup digemari masyarakat saat ini.

LG Smart TV

Untuk bisa menghubungkan smartphone ke tv, dapat Anda mulai dengan tekan tombol home di remote tv, lanjutkan dengan memilih 'network'. Klik dan aktifkan menu Miracast, kemudian tunggu hingga tv selesai memindai maka Anda bisa melanjutkan tahapan dengan turut mengaktifkan Miracast yang ada pada ponsel atau smartphone Anda.

Samsung Smart TV

Cara menyambungkan hp ke tv merk ini, dimulai dengan memencet tombol 'source' pada remote tv kemudian lanjutkan dengan memilih 'screen mirroring' di layar tv Anda. Secara otomatis, dalam 2 menit tv Anda anda akan memindai perangkat yang tersambung maka aktifkan fitur Miracast di hp Anda sebelum waktu pemindaian usai agar keduanya dapat saling terhubung satu sama lain.

Sony Smart TV

Untuk memulai menyambungkan dengan hp yang Anda miliki dengan tv merk Sony, maka Anda harus menekan tombol 'input' yang ada di remote tv. Setelah itu pilih 'screen mirroring' dan lanjutkan dengan pencet 'ok'. Aktifkan fitur Miracast yang ada di ponsel Anda secepatnya, sebab tv akan memindai perangkat yang menghubungkan keduanya.

Setting Berbagai Merk HP Android Untuk Mendukung Cara Menyambungkan HP ke TV

Beda merk berbeda pula pengaturan dan juga penamaan fitur atau perangkatnya, meskipun secara garis besar semua memiliki maksud dan fungsi yang serupa. Berikut ini adalah cara menyesuaikan pengaturan smartphone Android Anda sebagai salah satu tahapan dari cara menyambungkan hp ke tv yang sudah kami bahas di atas, sehingga bisa mempermudah prosesnya.

HP Merk Samsung

Setelah masuk pada menu setting atau pengaturan, pilihlah menu 'wireless and networks'. Lanjutkan dengan klik 'more setting' kemudian pilihlah 'all share cast' dan Anda akan melihat nama smart tv Anda muncul di daftar pilihan, maka klik nama tersebut untuk bisa menghubungkan keduanya.

HP Merk Asus

Masuk ke menu setting, kemudian Anda tekan 'wireless and networks' dan lanjutkan dengan menekan 'more'. Apabila telah muncul pilihan nama perangkat tv di 'select device', maka Anda tinggal memilih nama perangkat smart TV yang ingin disambungkan. Dengan begitu cara menyambungkan hp ke tv sudah terselesaikan.

HP Merk Lenovo

Klik 'device' yang ada pada menu pengaturan, lanjutkan dengan memilih sub menu 'display' dan klik 'wireless display'. Pencet tombol 'on' yang berada di sisi kanan 'wireless display' maka dalam beberapa saat akan segera muncul nama smart tv yang ingin Anda hubungkan dengan ponsel dan Anda bisa menekan nama smart tv tersebut untuk memulai sambungan.

HP Merk Xiaomi

Untuk hp favorit berbagai kalangan masyarakat ini, cara menyambungkan hp ke tv bisa Anda awali dengan masuk ke menu 'setting' dan tekan 'more'. Lanjutkan dengan menggeser tombol di sisi kanan 'wireless display' hingga mode 'on'. Sesaat kemudian akan muncul nama perangkat tv yang akan dihubungkan, Anda tinggal klik pada nama tv yang dipilih maka hp dan tv sudah saling terhubungkan. Mudah dan praktis bukan?

HP Merk LG Optimus

Setelah masuk ke menu pengaturan atau setting, Anda bisa lanjutkan dengan klik 'wireless and networks' diakhiri dengan klik tombol 'more'. Pilih menu Miracast lanjutkan dengan memilih nama smart tv yang akan dihubungkan dengan ponsel ketika perangkat tv sudah berhasil dipindai oleh ponsel Anda. Dengan begitu, kini ponsel telah terhubung dengan smart tv yang Anda punya, dan acara mononton serial film atau drama favorit bisa dilakukan bersama teman maupun keluarga.

Sebuah teknologi diciptakan berdasarkan kebutuhan manusia, baik dengan tujuan mempermudah, mewujudkan ataupun menambah kenyamanan. Begitu juga dengan adanya cara menyambungkan hp ke tv yang mudah dan praktis ini. Maka manfaatkan perkembangan teknologi dengan maksimal tanpa ada penyalahgunaan fungsi, sehingga lebih bisa dinikmati manfaatnya tanpa menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya.