Apa itu Arkham Intelijen?

Arkham adalah platform intelijen yang menyediakan informasi untuk entitas dunia nyata dan orang-orang di balik aktivitas pasar crypto.

Pada artikel kali ini kita akan membahas Arkham Intelijen yang telah diluncurkan melalui Binance Launchpad.

Apa itu Arkham Intelijen?

Apa itu Arkham Intelijen?

Arkham adalah platform intelijen yang menyediakan informasi untuk entitas dunia nyata dan orang-orang di balik aktivitas pasar crypto.

Visinya adalah untuk menciptakan ekonomi intel-to-earn yang terdesentralisasi. Dan dengan platform intelijen crypto-nya, Arkham berharap dapat menghilangkan orang-orang yang ingin mengambil keuntungan buruk di pasar crypto.

Jadi, di Arkham, kita bisa melihat dompet yang diberi tag. Kita bisa tahu dompet ini milik siapa. Apakah milik entitas tertentu? Apakah milik orang tertentu, apakah milik whales, apakah milik Justin Sun? Atau bahkan mungkin milik Vitalik.

Pada dasarnya Arkham adalah mesin pencari blockchain untuk melacak aktivitas crypto orang atau entitas tertentu.

Apa Perbedaan Arkham dengan Blockchain Explorer?

Di Arkham, data telah diatur dan analisis aliran dana lebih intuitif. Arkham juga dilengkapi dengan beberapa alat yang dapat membantu kita mengamati aktivitas on-chain. Dan yang menarik adalah Intel To Earn. Cara baru bagi analis on-chain untuk mendapatkan rewards.

Jadi, misi Arkham adalah menjadi entitas yang diatur sendiri dalam crypto. Dengan Arkham Intelligence, event seperti FTX yang menggunakan dana pengguna bisa diantisipasi sebelumnya.

Fitur Arkham Intelijen

Nah, Arkham telah mengembangkan Ultra. Itu adalah sistem AI yang mengumpulkan data. Ultra mengumpulkan data on-chain dan off-chain dari berbagai sumber dan memproses data mentah tersebut menjadi data yang dapat diperiksa di dasbor sehingga kita dapat menganalisis aktivitasnya.

Arkham juga mendukung multi-chains seperti Bitcoin, Ethereum, Tron, BNB Chain, Polygon, dan masih banyak lagi.

Di Arkham kita bisa melihat data apa?

Pertama kita bisa melihat aktivitas sebuah dompet. Misalnya, riwayat transaksi, portofolio holding, riwayat saldo, untung rugi, atau pertukaran yang digunakan oleh dompet. Ada juga fitur visualizer untuk melihat aliran aset kripto dengan mudah.

Ada pelabelan pribadi untuk tag label alamat suatu entitas. Terdapat fitur alert yang memberikan notifikasi ketika ada transaksi berdasarkan jumlah, entitas, dan token yang telah kita tetapkan.

Lalu ada juga fitur dashboard yang isinya bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Kemudian ada juga fitur API dan Arsip untuk melihat riwayat portofolio dompet atau entitas.

Sekarang untuk kasus penggunaan platform itu sendiri bagi saya, saya dapat melihat aktivitas on-chain dari trader atau investor top, dapat memprediksi pergerakan pasar berdasarkan data on-chain, dapat melakukan due diligence suatu proyek. Dan mungkin untuk forensik penelitian tentang penipuan kripto yang tercatat dalam data on-chain, juga untuk melacak portofolio dompet kita sendiri.

Dan jika kita menghubungkan dompet kita, Arkham dapat melihat portofolio kita, melacak token, menghitung jaringan kita dalam USD, untung dan rugi, dan juga memberikan data transaksi kita. Nah, ARKHAM juga bisa mengecek portofolio kita di multi-chain.

Arkham Intelijen Usecase

Jika menurut whitepaper, tokennya adalah Arkham, ARKM digunakan untuk insentif. Dan ada dua insentif untuk sistem ini. Yaitu reward atas tindakan yang menguntungkan ekosistem ARKAM, kedua sebagai diskon hingga maksimal 60% bagi yang melakukan pembayaran dengan token Arkham di ekosistem Arkham.

Tokenomics Arkham

Bagaimana dengan tokenomik? Supply total adalah 1 miliar token dan didistribusikan dengan alokasi berikut.

Apa itu Arkham Intelijen?

Selain itu, ARKM akan dibuka sepenuhnya setelah 7 tahun terdaftar dan pasokan awal yang beredar di TGE saat peluncuran di binance launchpad akan menjadi 15%.

Apa itu Arkham Intelijen?

Binance Launchpad

Nah, seperti yang kita ketahui, token Arkham dengan peluncuran ticker ARKM di Binance Launchpad.

Binance Launchpad adalah platform IEO di Binance. Dan launchpad Binance adalah Launchpad terbaik dengan ROI rata-rata lebih dari 1.500% dan rata-rata tertinggi sepanjang masa 18.700%.

Dari 3 Launchpad terakhir, seperti EDU, mencapai angka tertinggi sebesar 3.355%. Di Space ID mencapai 4,132%. Dan Hook mencapai 4,055%.

Yang unik adalah STEPN. STEPN dengan token GMT-nya mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar 41.000%. Bahkan di bear market, GMT masih 22 kali lipat di atas harga Sale di Launchpad.

Intel to Earn

Arkham juga merilis Intel Exchange. Intel Exchange adalah pasar bagi kita untuk membeli dan menjual kripto intelijen. Nah untuk pertama kalinya, analis on-chain memiliki marketplace untuk menjual hasil risetnya. Di Intel Exchange, siapa pun dapat memperdagangkan informasi seperti label entitas, melacak peretas dompet, dan banyak lagi. Pembeli layanan riset on-chain juga dapat membuat hadiah atau lelang proyek yang diaudit melalui smart-contract tanpa entitas terpusat yang memegang dana mereka. Jadi bisa dibilang ini adalah pasar terdesentralisasi, jual beli data dan informasi di onchain. Dan juga dapat dikatakan bahwa dengan fitur Exchange, pasar data informasi on-chain di Arkham, komunitas crypto dapat diatur sendiri dan siapa pun dapat berada dalam kutipan polisi dengan bukti data on-chain. Dan menurut saya, hal ini membuat takut developer yang doyan rugpull dan yang ingin membuat token ponzi harus berpikir dua kali. Ini adalah Intel pertama di dunia yang menghasilkan. Dan Arkham adalah platform pertama yang menjadi jembatan antara analis data dan pedagang Intel.

Jadi ada 4 pengguna di bursa:

  1. Pertama adalah Bounty Posters, mereka yang memposting Bounty untuk menemukan Intel.
  2. Kedua adalah Bounty hunter, mereka yang mencari Intel untuk mengklaim bounty yang telah diposting oleh para bounty hunter.
  3. Ketiga adalah pedagang Intel, mereka yang melelang data Intel yang mereka miliki.
  4. Keempat, ada kolektor Intel, mereka yang membeli data Intel dari lelang alih-alih memposting hadiah.

Kontroversi Arkham Intelijen

Ada pro dan kontra dibalik Intel To Earn. Ada yang bilang Arkham ini adalah Doxx untuk menghasilkan. Upaya membongkar anonimitas orang lain melalui on-chain. Namun sebenarnya analisis on-chain ini bukanlah hal baru. Dan apa yang dilakukan Arkham biasanya dilakukan oleh analis onchain.

Perbedaannya adalah Arkham memiliki dasbor, memiliki visualisator yang lebih intuitif, dan akses bagi analis onchain untuk membeli dan menjual layanan analisis rantai.

Jika ada produk pesaing seperti Nansen, Dune, DeBank, dan masih banyak lagi. Dan Arkham jelas merupakan musuh besar bagi orang-orang yang memiliki hobi membuat project rug-pull, hobi memompa dan membuang token di kapitalisasi pasar yang kecil, atau hobi meretas dan mengeksploitasi protokol. Karena kini aktivitas mereka terancam dimata-matai.

Hal baiknya adalah, orang yang ingin melakukan hal buruk dalam rantai harus berpikir dua kali. Karena siapa pun dapat memperoleh hadiah atau membeli layanan analis on-chain dan melacak dompet mereka melalui Arkham.

Harapannya, aktivitas on-chain akan lebih bersih dari tindakan kriminal. Sebaliknya, yang buruk adalah yang ditakuti banyak orang. Individu akan saling Doxx.

Tapi ya, itulah yang saya katakan. Apa yang telah dilakukan Arkham bukanlah hal baru. Kalau di Twitter ada akun Lookonchain misalnya. Bahkan di Etherscan sendiri juga terdapat fitur Wallet tag. Dan jika kami memiliki domain ENS, kami juga membuka data kami sendiri.

Dan ingat, ini adalah blockchain publik tanpa izin. Menurut pendapat pribadi saya, Arkham adalah sejenis Google dari blockchain. Jika Google mengindeks halaman web, arkham mengindeks dompet.

Dan sama seperti tagline Google, Don't be Evil. Karena sudah diindeks oleh Google, rekam jejak digital tidak bisa dihapus. Begitu juga dengan Arkham, jejak digital di blockchain ada selamanya dan bisa digunakan sebagai informasi. Mereka yang melakukan Kejahatan dalam on-chain pasti akan dicatat.

Jadi, ya, menurut saya, mari kita liha apa yang akan terjadi selanjutnya. Apa pendapat Anda tentang fitur-fitur di Arkham? Akan membawa crypto ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. Silahkan isi kolom komentar.